Bawang Putih Mampu Tumbuh Subur di Dataran Rendah NTB

FAJAR.CO.ID, NTB-- Selama ini bawang putih dikenal hanya mampu berkembang di dataran tinggi saja. Tanaman itu dijumpai di lereng gunung atau berketinggian di atas 800 mdpl.

Di Jawa Tengah, bawang putih banyak terdapat di lereng Gunung Sumbing hingga Gunung Merapi. Selain itu, terdapat juga di lereng Gunung Gede (Cianjur), Gunung Ciremai (Majalengka), Gunung Rinjani (Lombok Timur), Gunung Talang (Solok), Gunung Arjuno (Malang), dan Gunung Ijen (Banyuwangi) juga termasuk sentra bawang putih.

Seiring gencarnya upaya pemerintah memacu produksi komoditas bawang putih, petani sekaligus penangkar benih Bima Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan uji coba tanam di dataran rendah. Dan, berhasil tumbuh baik. Plt Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Kementerian Pertanian (Kementan) Sukarman menilai prospek pengembangan di lokasi tersebut menjanjikan.

“Ketinggian daerah ini hanya 87 mdpl yang notabene tergolong dataran rendah. Ternyata bawang putih varietas Sangga Sembalun bisa tumbuh bagus. Ukuran umbinya juga besar. Produktivitasnya bisa mencapai 8-10 ton kering per hektare,” ujar Sukarman saat panen bawang bersama Bupati Bima di lahan uji coba Desa Lido, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima NTB, Kamis (5/9).

Sukarman menyebut, keberhasilan itu membuka peluang untuk penelitian atau uji tanam di tempat lain. Fakta lapang ini memberikan harapan besar bagi pengembangan bawang di dalam negeri.

Dirinya menambahkan, agroklimat di Kabupaten Bima secara umum memang cocok untuk budidaya aneka sayuran umbi, khususnya bawang merah dan bawang putih. “Terbukti, bawang merah terbaik kualitas ekspor selalu disuplai dari Bima dan sekitarnya. Saya optimis bawang Bima juga menyusul,” katanya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...