Ketahui Jenis Asuransi untuk Perlindungan Bencana Alam, Baca Ulasan Ini

Jumat, 6 September 2019 - 16:01 WIB
ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID — Semua orang tentu tidak ingin terkena musibah apapun bentuknya. Namun, musibah seperti bencana alam tentu tidak dapat diprediksi kapan datangnya. Seperti yang baru-baru ini terjadi di negeri ini. Bencana alam berupa gempa hingga tsunami susul menyusul yang membuat banyak orang kehilangan harta benda hingga tempat tinggal.

Untuk mengantisipasi kehilangan yang sangat besar akibat datangnya bencana alam, tidak ada salahnya jika Anda mengikutsertakan keluarga maupun diri Anda di dalam asuransi. Ada banyak asuransi yang menyediakan jaminan kehilangan baik jiwa maupun harta benda.

Meski begitu, tidak semua orang terbiasa dengan asuransi. Lantas, asuransi seperti apakah yang dibutuhkan untuk mengantisipasi bencana alam yang tidak terduga? Berikut ulasannya.

Asuransi jiwa untuk diri dan keluarga

Ketika terjadi bencana, kita tidak pernah tahu apakah yang akan terjadi pada diri kita sendiri atau pun keluarga. Ada banyak keluarga di Indonesia yang mengalami masalah bertubi-tubi berupa kehilangan anggota keluarganya ketika terjadi bencana. Lebih buruk lagi ketika anggota keluarga yang meninggal tersebut merupakan tulang punggung keluarga yang harus menafkahi beberapa anak yang masih kecil.

Hal inilah yang ingin diantisipasi oleh asuransi jiwa. Asuransi jiwa memang tidak akan menjamin keselamatan nyawa bagi seseorang yang tertanggung, namun sesuai prinsip asuransi yang akan memberikan dukungan finansial bagi keluarga yang ditinggalkan apabila tertanggung meninggal dunia. Hal ini tentu akan lebih meringankan penderitaan mereka yang ditinggalkan akibat bencana alam.

Coba sekarang bayangkan ketika Anda sebagai tulang punggung tidak memiliki asuransi jiwa, maka bagaimana dengan pendidikan anak Anda ketika sewaktu-waktu Anda tiada akibat musibah bencana alam. Ada berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari asuransi jiwa, misalnya:

  • Menjamin pendidikan anak di masa depan
  • Lebih menentramkan pikiran baik tertanggung maupun keluarga yang ditinggalkan.

Nilai pertanggungan asuransi yang umumnya akan diberikan kepada ahli waris memang bervariasi. Namun, biasanya nilai terendah berada di kisaran Rp 50 sampai Rp 100 juta. Tentunya uang ini lumayan cukup untuk menstabilkan keuangan keluarga yang ditinggalkan di bulan-bulan awal.

Asuransi kesehatan untuk diri dan keluarga

Bencana alam tidak hanya menyebabkan jatuh korban ketika terjadinya bencana. Sebaliknya kondisi yang mengiringi setelah bencana justru terkadang menimbulkan wabah yang lebih mematikan. Misalnya, wabah penyakit kolera dan diare yang sering melanda masyarakat setelah terjadinya bencana alam seperti banjir. Tentunya hal ini sangat tidak diinginkan bukan? Apalagi setelah bencana umumnya orang-orang akan mengalami kerugian materil yang cukup besar.

Selain wabah kolera setelah banjir, datangnya bencana alam seperti gunung meletus juga dapat menyebabkan wabah penyakit asma dan gangguan pernapasan. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya jika Anda memiliki perlindungan diri berupa asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan asuransi.

Untuk memilih mana perusahaan asuransi yang tepat, kini telah hadir Lifepal.co.id. Dengan Lifepal, Anda tidak perlu pusing riset satu persatu paket asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh setiap perusahaan asuransi.

Karena Lifepal menyajikan berbagai paket asuransi dari banyak perusahaan asuransi di tanah air yang profesional dan terpercaya. Selain itu, ada pula program BPJS+ yang menawarkan asuransi tambahan selain tanggungan kesehatan BPJS seperti tanggungan uang santunan harian dan sebagainya.

Asuransi kendaraan

Selain perlindungan jiwa dan kesehatan, ada baiknya Anda juga mengasuransikan kendaraan Anda. Mengingat kendaraan merupakan salah satu hal yang tidak akan terlepas dari risiko kerusakan akibat bencana alam. Bahkan, tidak hanya kerusakan, bencana alam juga bisa menyebabkan risiko kehilangan kendaraan Anda. Misal bencana seperti tsunami ataupun banjir yang dapat menyapu bersih benda yang dilewatinya.

Untuk mendapatkan perlindungan asuransi kendaraan apabila terjadi bencana alam, Anda perlu melakukan perluasan perlindungan. Perluasan perlindungan sendiri merupakan pertambahan perlindungan terhadap kendaraan akibat risiko yang mungkin dialami. Salah satu bentuk perluasan perlindungan yang bisa dipilih adalah perlindungan terhadap bencana alam.

Memiliki asuransi sangat penting mengingat bencana alam tidak pernah dapat diprediksi kapan terjadinya. Oleh karena itu, mengikuti program asuransi sangat penting dilihat dari risiko dan tanggungan yang diberikan perusahaan asuransi.

Sebaiknya mulai ikuti dari sekarang. Siapkan segala sesuatunya sejak dini agar pikiran lebih tenang dan keluarga pun bisa mendapatkan proteksi yang lebih maksimal di masa depan. (rls)

 

 

Loading...