Menahan Bersin Berbahaya dari Kacamata Medis

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Anda pastinya pernah menahan bersin, terlebih di saat Anda berada di tempat umum, atau ruangan dengan banyak orang di dalamnya, seperti di dalam kendaraan umum atau di tengah rapat contohnya.

Namun tahukah Anda, apa yang Anda lakukan ini, berbahaya jika dilihat dari kacamata medis. Mengapa demikian, karena menurut sebuah kasus yang dilaporkan pada jurnal BMJ Case Reports, kebiasaan ini dapat membahayakan mereka yang melakukannya.

Seperti dilansir Guardian, disebutkan bahwa seorang pria berusia 34 tahun yang namanya tidak disebutkan, harus mengalami pecah pada bagian belakang tenggorokannya, setelah mencoba menahan bersin dengan cara menutup hidung dan mulutnya.

Laporan tes medis pun menunjukan bahwa adanya, gelembung udara pada jaringan di belakang tenggorokan, dan pada bagian leher yang terletak di dasar tengkorak, hingga bagian bawah pinggang.

Meski terbilang langka, namun menurut co-author studi ini, Dr. Sudip Das dari University Hospitals of Leicester NHS Trust, kondisi ini dapat juga memicu terjadinya pecah gendang telinga, hingga anuerisma otak, seperti yang ditemukan pada beberapa kasus lain.(fin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...