Kerusuhan Papua, Polri Dalami ISIS Ikut Bermain

FAJAR.CO.ID,JAKARTA--Kelompok yang berafiliasi ke ISIS disebut-sebut ikut bermain memicu kerusuhan di Bumi Cenderawasih. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. Namun, dugaan tersebut masih didalami aparat kepolisian.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya masih belum bisa memastikan keterlibatan kelompok yang berafiliasi dengan ISIS dalam kerusuhan di Papua dan Papua Barat.

“Semalam saya sudah konfirmasi ke Densus 88. Kalau indikasi ISIS di Papua itu sudah terindikasi. Ya betul, jaringan ISIS ada di Papua. Namun demikian keterkaitan ISIS dengan kerusuhan ini masih didalami,” ujar Dedi kepada wartawan di Mabes Polri, Jumat (6/9).

Menurut Dedi, kelompok yang berafiliasi dengan ISIS di Bumi Cendrawasih itu memang sudah sejak dua tahun lalu terdeteksi Polri. Namun demikian, pergerakannya sendiri baru terlihat pada satu tahun ini. Salah satunya, terdeteksi Densus 88 terkait rencana pengeboman di Polres Manokwari.

“Ya, ada satu, itupun sudah dilakukan penegakan hukum oleh Densus 88, saat jaringan ini berencana melakukan pengeboman di Polres Manokwari dan tak berhasil diamankan. Dan hasil informasi, kelompok ini ada di Jayapura, Wamena, Fakfak, Manokwari, dan Merauke,” ungkap Dedi.

“Jadi, mereka itu ada di beberapa wilayah di sana, dan di situlah sel-selnya. Memang dia masih melakukan rekrutmen, bahkan juga terus berupaya menguasai wilayah dan melakukan amaliyah dengan sasaran anggota Polri,” sambung Dedi.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad


Comment

Loading...