Pengamanan Berlapis Pelantikan Legislator Makassar

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –  Sidang paripurna pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD Makassar periode 2019-2024  akan dilaksanakan pada, Senin, 9 September di Kantor DPRD Makassar, Jalan AP Pettarani.

Demi kelancaran jalannya poses pengambilan sumpah, pihak Sekretariat DPRD Kota Makassar akan menyiapkan 347 personel keamanan. 

Setiap tamu yang undangan yang akan mengikuti prosesi acara lima tahunan itu juga harus melalui pemeriksaan petugas.

Kepala Urusan Dalam Operasional(Kaurdalops) Polrestabes Makassar, Iptu Danang Sulistiono mengungkapkan pengamanan di acara pelantikan anggota DPRD Makassar, dibagi menjadi empat ring pertahanan yang melibatkan sebanyak 347 personel.

Di mana untuk ring pertama titiknya berada seputar ruangan paripurna, tepatnya di lantai tiga gedung DPRD Makassar. “Di situ kita tempatkan sebanyak 44 personel, bertugas di depan pintu ruang masuk paripurna,” kata Danang.

Sementara personel yang berjaga di ring dua melibatkan sebanyak 50 orang personel. Mereka terdiri dari Sabhara, Intel, Polwan, Propam, dan satpol PP. “Tugas mereka berjaga disekitar tangga menuju ruangan paripurna,” paparnya.

Lanjutnya untuk di ring tiga kata dia khusus bertugas di halaman kantor DPRD Makassar. “Ring 3 berjaga di halaman sekitar gedung, dan  di lantai 1, itu sebanyak 165 personel ditambah TNI 30  jadi 195 personil,” ungkapnya.

Pengamanan di ring tiga kata dia lebih diperkatat, untuk memastikan yang hadir dalam acara pelantikan dewan adalah tamu undangan,”Kita perketat penjagaan di lantai satu, untuk memastikan tamu yang hadir memegang undangan,” katanya.

Sedang untuk ring ke empat akan berjaga di sisi jalan kantor DPRD Makassar sbenyak 58 personel.

Selain itu, pengamanan juga akan melibatkan personel Satpol PP, Dinas Perhubungan, Damkar dan Dinas Kesehatan.”Kita juga antisipasi adanya unjuk rasa di kantor DPRD saat prosesi pelantikan sedang berlangsung,” katanya.

Danang menghimbau kepada sleuruh masyarakat khusus di hari Senin agar menghindari jalan di skeitar AP Pettarani hingga pukkur 11.00.”Jalanan kita sengaja tidak tutup untuk di jalan raya, tetapi kita pastikan akan adanya penumpukan kendaraan,” katanya. (taq)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...