Wakil Ketua KPK Saut Situmorang Harap Ini Kepada Jokowi

Minggu, 8 September 2019 - 18:19 WIB
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. Foto: dok.JPNN.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menyarankan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih langsung calon pimpinan (capim) KPK yang daftarnya sudah diserahkan oleh pansel beberapa waktu lalu. Saut mengatakan, ini dilakukan di banyak negara dan dapat memperkuat lembaga antirasuah.

“Kalau mau keren Undang-undang KPK memperkuat itu pimpinannya ditentukan oleh Presiden, lebih enak. Jadi, kalau ada apa-apa, tinggal Presidennya bertanggungjawab,” kata Saut di depan Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Minggu (8/9).

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menambahkan, KPK tidak bisa intervensi 10 nama yang sudah diserahkan ke Presiden. Maka, kini ia berharap, lima nama yang terpilih bisa memiliki nilai-nilai yang selaras dengan KPK.

“Kita mau bicara yang 10 itu sudah kita tidak bisa ubah di situ. Tinggal bagaimana mereka nanti datang ke sini lima orang itu untuk kemudian bisa datang dengan value-value-nya KPK,” ucap Wakil Ketua KPK Saut yang deketahui mantan Staf Ahli Kepala BIN itu.

Oleh karena itu,Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat untuk menilai terkait kinerja pimpinan KPK yang baru nanti. Dia pun meminta masyarakat mengawal kinerja pimpinan KPK jilid V.

“Jadi, saya katakan kalaupun mereka sudah pilih itu mereka akan tetap perform. Kalau tidak perform, pasti akan dikritik oleh masyarakat,” harap Wakil Ketua KPK Saut Situmorang.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi menyerahkan 10 nama capim KPK ke DPR tanpa revisi. Kesepuluh orang tersebut akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan yang digelar oleh Komisi III DPR RI.

Mereka yang lolos dari proses seleksi pansel berasal dari latar belakang berbeda-beda. Terdiri dari satu orang dari komisioner KPK, satu polisi, satu jaksa, satu auditor, satu advokat, dua dosen, satu hakim, dan dua PNS. (jp)

Pengurus IOF Pengda Sulsel Audiens dengan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah

Bacharuddin Jusuf Habibie Dirawat di RSPAD Gatot Subroto

Priyanka Chopra Sudah Tak Sabar Miliki Momongan

Andi Ina Kartika Sari Paling Layak Ketua DPRD Sulsel

Alumni STIK Tamalatea Makassar Donor Darah

Berikut 10 nama yang diserahkan Presiden Jokowi ke Komisi III DPR RI.
1. Alexander Marwata, Komisioner KPK
2. Firli Bahuri, Anggota Polri
3. I Nyoman Wara, Auditor BPK
4. Johanis Tanak, Jaksa
5. Lili Pintauli Siregar, Advokat
6. Luthfi Jayadi Kurnaiwan, Dosen
7. Nawawi Pomolango, Hakim
8. Nurul Ghufron, Dosen
9. Roby Arya B, PNS Sekretariat Kabinet
10. Sigit Danang Joyo, PNS Kementerian Keuangan

loading...