Kabinet Jokowi-Ma’ruf Tahap Final, Mantan Gubernur Masuk?

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Penyusunan kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin sudah masuk dalam tahap finalisasi. Keputusan final ada di tangan Presiden Jokowi dan para ketua umum partai koalisi. Mereka akan segera bertemu untuk memutuskan siapa saja yang akan menduduki jabatan menteri.

Nah, pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno menilai sejumlah mantan kepala daerah begitu potensial menjadi menteri di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin. “Sangat potensial menjadi pembantu Presiden Jokowi. Apalagi mereka punya pengalaman panjang di birokrasi,” kata Adi, kemarin,

Sejumlah mantan kepala daerah itu, khususnya mantan gubernur, selain karena prestasinya, juga memiliki kecakapan menghadapi dinamika politik sehingga bisa menjadi bekal ketika memimpin kementerian.

Adi yang merupakan Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia itu menjelaskan, kemampuan menghadapi dinamika politik itu diperlukan, misalnya ketika proses kebijakan kementerian melalui proses di DPR yang dinilainya tidak mudah.

“Namun tentu saja Presiden Jokowi jangan asal memilih mantan gubernur, harus yang memiliki kompetensi dan integritas sehingga bisa menopang kinerja Jokowi lima tahun mendatang,” katanya.

Saat ditanya siapa saja mantan kepala daerah yang potensial masuk di kabinet Jokowi-Ma’ruf, Adi menilai ada tiga nama mantan gubernur yang potensial yakni mantan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, mantan Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi yang akrab disapa Tuan Guru Bajang dan mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo atau yang akrab disapa Pakde Karwo.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah

Comment

Loading...