Presiden India Ram Nath Kovind Ditolak Lewati Udara Pakistan

Senin, 9 September 2019 - 08:16 WIB

FAJAR.CO.ID, ISLAMABAD – Penerbangan Presiden India Ram Nath Kovind ke Islandia terpaksa jadi lebih panjang. Pasalnya, pesawat yang ditumpanginya tidak mendapat izin untuk melintasi wilayah udara Pakistan, Sabtu (7/9).

“Presiden India telah meminta izin untuk menggunakan wilayah udara Paskitan untuk melakukan perjalanan ke Islandia. Tetapi kami memutuskan untuk tidak mengizinkannya,” ujar Menteri Luar Negeri Pakistan, Shah Mehmood Qureshi seperti yang dilansir oleh Channel News Asia.

Lebih lanjut, Qureshi menyatakan bahwa keputusan tersebut diambil sehubungan dengan perilaku Presiden India Ram Nath Kovind terhadap Kashmir akhir-akhir ini.

Ketua Umum PHK2I Titi Purwaningsih Begini Demi Status PNS

Pelari Jepang Atsushi Ono Meninggal, Tim Medis Ungkap Ini

Masyarakat Nabire Papua Dalam Ancaman, Seperti Ini Situasinya

Jaringan Damai Papua Keluarkan Pernyataan, Isinya Seperti Ini

Mencekam! Mobil Bermuatan Telur Dibajak Pria Bersenjata Api

Menanggapi keputusan melarang Presiden India Ram Nath melintasi udara Pakistan, Juru bicara pemerintah India Raveesh Kumar menyesali keputusan tersebut seraya mengatakan bahwa izin terbang VVIP sebaiknya diberikan secara normal.
.
“Kami menyerukan Pakistan untuk mengakui kesia-siaan tindakan sepihak seperti itu,” ujar Kumar.

Sebelumnya pada Februari lalu, Pakistan telah menutup wilayah udaranya untuk lalu lintas penerbangan India. Akibatnya banyak rute internasional yang terganggu karena keputusan sepihak ini.

Namun pada Juli, Pakistan membuka kembali akses tersebut untuk India seiring dengan membuka pembicaraan kedua negara. Sayangnya, setelah India mencabut otonomi khusus Kashmir, hubungan kedua negara kembali memburuk. (jpnn)

Loading...