Anggota DPRD Sulsel Pelesir ke Inggris Lihat Pabrik Tambang

Selasa, 10 September 2019 - 12:51 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR- Sejumlah anggota DPRD Sulsel pelesiran ke Eropa jelang pelantikan periode baru. Namun kunjungan ini dijamin tak sekadar jalan-jalan.

Berdasarkan data yang diperoleh FAJAR, sejumlah anggota DPRD Sulsel memang melakukan kunjungan kerja (kunker) ke luar negeri. Salah satunya, rombongan komisi B bidang perekonomian yang berkunjung ke Inggris. Mereka meninjau pengolahan nikel milik Vale di kawasan Swansea.

Ada 5 anggota DPRD Sulsel. Di antaranya ketua komisi B, Jamaluddin Djafar dan para anggota seperti Ariady Arsal, Yusran Paris, Syahrir, dan Pendi Bangadatu. Sesuai surat izin, mereka berdinas 28 Agustus hingga 1 September. Surat izin yang diteken Sekretaris Kemensetneg, Setya Utama itu terbit 22 Agustus.

Anggota Komisi B DPRD Sulsel, Ariady Arsal saat dihubungi mengaku kunjungan ini bukan untuk buang-buang anggaran. Kata dia, pihaknya diundang ke Clydach Refinery. Pabrik pengolahan nikel yang dimiliki sepenuhnya PT Vale. Perusahaan ini juga mengelola tambang di Indonesia.

Batas Usia CPNS 2019 Jadi 40 Tahun, Ini Penjelasan Pramono

Siti Badriah Manjakan Asisten Rumah Tangga, Ini Caranya

Ria Irawan Berjuang Melawan Kanker di Kepala, Ini Kondisinya

Presiden RI Jokowi Ikut Bantah Kabar BJ Habibie Meninggal

Ustaz Ije Ramaikan Bursa Calon Wali Kota Makassar di PDIP

“Tambang nikelnya ada di Sorowako, Luwu Timur. Jadi mereka mengundang kami di komisi terkait soal hubungan dengan Vale di Indonesia. Pabriknya sangat modern dan luas di kawasan Swansea,” ungkapnya.

Ariady menambahkan Clydach Refinery ini membeli bahan baku dari Jepang. Tidak langsung menerima dari Indonesia. Memang, produksi nikel Vale di Sorowako diekspor ke Jepang dahulu. Tidak langsung ke Swansea.

“Kunjungan kami ini karena Pemprov sudah lama ingin sebagian lahan kontrak karya Vale di Sorowako dapat dikelola. Komoditas nikel memang sangat potensi karena harganya selalu melonjak sehingga menguntungkan. Dan sementara digodok ranperda perseroda. Salah satunya terkait perusda tambang,” tutur Ketua Fraksi PKS ini. (fik)

loading...