Kemenkumham Sulawesi Barat Sosialisasi Layanan Fidusia

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, KALUKKU – Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Kemenkumham Sulawesi Barat hari ini menyelenggarakan sosialisasi layanan fidusia tentang penerapan eksekusi jaminan fidusia.

Sebanyak 50 peserta mengikuti kegiatan terdiri dari masyarakat, aparat desa, aparat penegak hukum, dan tokoh masyarakat.

Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Sri Lastami membuka langsung kegiatan sosialisasi Kemenkumham Sulawesi Barat di Aula Kecamatan Kalukku, Mamuju. Dalam sambutannya, ia menyampaikan jaminan fidusia merupakan hak jaminan atas benda bergerak baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud dan benda tidak bergerak khususnya bangunan yang tidak dapat dibebani hak tanggungan.

“Dalam kondisi sekarang ini banyak debitur tidak melakukan kewajibannya membayar cicilan sesuai perjanjian pembiayaan, sehingga merugikan kreditur yang dijadikan objek jaminan fidusia sehingga hal ini akan sangat merugikan pihak kreditur sebagai pihak yang memberi hutang,“ ucapnya saat menjadi narasumber pelatihan di Kemenkumham Sulawesi Barat.

Pengamen Cantik Noviana Lulusan Terbaik Unair Surabaya

Edhie Baskoro Yudhoyono Beber Syarat Demokrat Dukung Jokowi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Sampaikan Kondisi BJ Habibie

Tidur Siang 1-2 Kali Seminggu Bisa Kurangi Serangan Jantung

2.494 Mahasiswa UNM Lakukan Pengabdian di Dua Provinsi

Permasalahan yang timbul dalam eksekusi jaminan fidusia saat ini ialah kreditur menggunakan jasa pihak ketiga yang menggunakan prosedur sekehendak mereka.

Misalnya melakukan intimidasi bahkan tindakan penganiayaan saat melakukan eksekusi fidusia. Padahal sedianya, eksekusi Jaminan Fidusia harus berdasarkan Peraturan Kapolri (Perkap) No. 8 tahun 2011. Tujuan kegiatan ini dalam rangka melakukan pemberian edukasi kepada masyarakat, pemerintah, lembaga finance dan perbankan untuk menyelenggarakan pelaksanaan eksekusi jaminan fidusia secara aman, tertib, lancar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Hadir juga sebagai narasumber pelatihan Kemenkumham Sulawesi Barat yakni Kepala Bidang Pelayanan Hukum Abdullah dan Kasat Reskrim Polres Mamuju AKBP Syamsuriyansah. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...