SK Demokrat Lambat, Pelantikan Unsur Pimpinan Terhambat

Selasa, 10 September 2019 - 21:32 WIB
Pelantikan DPRD Wajo.

FAJAR.CO.ID, SENGKANG — Pelantikan definitif unsur pimpinan DPRD Kabupaten Wajo tidak dipastikan. Pihak Sekretariat DPRD Wajo masih menunggu SK penunjukan dari Partai Demokrat.

Saat ini unsur pimpinan sementara DPRD Wajo diisi, Andi Awaluddin Palaguna sebagai ketua dari Partai PAN, Firman Perkesi wakil ketua I dari Gerindra, dan Andi Senurdin Husaini wakil ketua II dari Demokrat.

Sekretaris DPRD Wajo, Muh Saleng mengatakan, sejak pelantikan anggota DPRD Wajo pada, Senin, 2 September kemarin. Pihaknya baru menerima SK penunjukan umur pimpinan dari PAN dan Gerindra.

“SK penunjukan dari DPP Demokrat sampai sekarang belum ada,” ujarnya saat ditemui di Gedung DPRD Wajo, Selasa, 10 September.

Terhambatnya pelantikan definitif tersebut, diakuinya jelas berdampak pada pembentukan alat kelengkapan DPRD Wajo. Seperti, badan kehormatan, anggaran, musyawarah, pembentukan perda, serta komisi-komisi.

“Tidak ada kegiatan sekarang bisa berjalan. Misalnya, tindaklanjuti aspirasi ke komisi,” jelasnya.

Pihaknya tidak mengetahui pasti penyebab terlambatnya SK dari Demokrat tersebut.

Sementara, Kasubag Humas DPRD Wajo, Andi Gusti Sam (AGS) menyampaikan, sejak pelantikan 40 anggota DPRD Wajo periode 2019-2024 kemarin. Sedikitnya telah mencatat dua aspirasi dari masyarakat.

“Satu aspirasi terkait kelangkaan solar pada hari H pelantikan dan ada juga soal isu nasional BPJS Kesehatan kemarin,” sebut AGS.

Menyikapi hal itu Ketua DPC Demokrat Wajo, Rahman Rahim membenarkan hal tersebut. SK pengusulan unsur pimpinan dari Demokrat masih dalam proses.

“Demokrat itu kolektif, kita diproses berjenjang, sesuai aturan dan mekanisme partai. Banyak indikator menjadi pertimbangan, termasuk perolehan suara, posisi di kepengurusan, pendidikan, pengalaman di DPRD, loyalitas, keaktifan dll,” urai Rahman.

Akan tetapi, DPP telah menyetujui satu dari lima nama yang diusulkan menjadi wakil ketua II DPRD Wajo. Hanya saja, ia enggan membeberkan nama tersebut.

“Sudah ada nama disetujui, tinggal tanda tangan ketum. Tatatertib DPRD wajo paling lambat 1 bulan setelah pelantikan, artinya September ini SK nya turun,” tutupnya. (man)

Loading...