Tokoh KNPB dan ULMWP Ditangkap Terkait Kerusuhan Papua

FAJAR.CO.ID, JAYAPURA - Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Papua, Kombes Tony Harsono mengakui ada tokoh KNPB dan ULMWP (Komite Nasional Papua Barat dan United Liberation Movement for West Papua ULMWP) yang ditangkap. "Memang benar sudah ada anggota atau tokoh KNPB dan ULMWP yang diamankan. Namun saat ini masih terus diperiksa penyidik. Ini baru ditangkap dan masih diperiksa karena akan terus dikembangkan hingga mengerucut," kata Kombes Tony, didampingi Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal, di Jayapura, Senin (9/9). Sebelumnya, Kapolri menyebutkan demo anarkis yang terjadi Kamis (29/8) di Jayapura dilakukan kelompokatau tokoh KNPB dan ULMWP. Menurutnya, polisi juga akan mengejar dan menangkap siapa yang berada di balik berbagai insiden yang terjadi.

Joshua Wong Disebut Arogan Saat Datang Pelantikan, Anwar Usman: Saya Ikuti Aturan Gladi Tim Hukum Rudal Apresiasi Gerak Cepat Polda Sulsel CT Ajak Milenial Ubah Pola Pikir dan Tidak Galau Saat Gagal Mengenang 40 Hari Wafatnya IYL, Menpan RB Syafruddin Hadir di Kediaman Keluarga Besar Yasin Limpo
Saat ini penyidik kembali menetapkan tiga orang tersangka dalam insiden kerusuhan saat demo yang terjadi Kamis (29/8). Ketiga tersangka itu masing masing AVD, FBK, dan AG yang dikenakan pasal 106 jo pasal 87 dan atau pasal 110 KUHP UU No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta pasal 160 KUHP, pasal 187 KUHP dan UU Darurat No. 12 Tahun 1951. Para tersangka saat ini berada dalam Tahanan Mako Brimob Polda Papua di Kotaraja, kata Kombes Tony. Ditreskrimsus Polda Papua sebelumnya menetapkan 28 orang sebagai tersangka dalam berbagai aksi yang terjadi saat demo anarkis berlangsung. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah

Comment

Loading...