Gagas Gula Semut Aren, Nilawati Jadi Calon Pemuda Pelopor

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, POLEWALI–Penggagas Industri Rumah Tangga Pengolahan Gula Semut Aren, Nilawati kini masuk calon pemuda pelopor dari Sulbar di bidang Pangan. Tim Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, sudah mengunjunginya dalam agenda fact finding pemuda pelopor tingkat Nasional.

Nila sapaan perempuan alumnus Universitas Negeri Makassar ini sejak 2018 menggagas, Gula Semut Aren di Palungan, Desa Sambaliwali, Kecamatan Luyo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Perempuan kelahiran 23 September 1994 ini melihat potensi kampungnya. Di sekitar rumahnya, banyak warga pembuat gula aren dengan menggunakan cetakan tempurung kelapa. Namun, saat digunakan gulanya harus diparut lebih dahulu. Sehingga dengan membuatnya lebih praktis. “Saya terinspirasi untuk membuat gula merah lebih praktis penggunaannya,” ujarnya.

Dengan membuat gula aren semut, juga menggantikan gula pasir. Selain itu, peluang pasar gula semut juga sangat menjanjikan penghasilan.

“Perbandingan harga dari Rp20 ribu per kilogram menjadi Rp60 ribu per kilogram. Jadi dengan produk gula semut masyarakat dapat menambah penghasilan dan membuat pekerjaan lebih praktis serta mengurangi pengeluaran pembeli gula pasir,” tuturnya.

Gagasannya itu, Ketua Umum HMPS SENI TARI FSD UNM Periode 2014-2015 ini membina satu kelompok dengan jumlah 10 orang di dalamnya.

“Dalam waktu dekat akan ada 2 kelompok lagi yang akan dilatih membuat gula semut sehingga targetnya mencapai 30 orang,” ungkapnya.

Meskipun di awal sempat diragukan, namun dengan dorongan ekonomi mereka akhirnya mau mencoba untuk memproduksi gula semut aren.

“Hasil produksi itulah yang membuat mereka melek akan peluang meningkatkan pendapatan masyarakat melalui produksi gula semut aren,” ungkapnya, Rabu, 11 September.

Lanjut Nila, selain mengajari mereka cara pengolahan gula semut, dia juga sering mengajak mereka berdiskusi hingga sepakat untuk memberi nama kelompok SIPAKARIO. “Artinya saling membahagiakan. Dari situ mereka terbiasa bekerja sama,” urainya. (ham)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...