Komunitas Driver Online se-Makassar Deklarasi Kawal Regulasi Menteri Perhubungan

Rabu, 11 September 2019 - 19:52 WIB
FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ratusan driver dalam jaringan (daring) alias driver online yang tergabung dalam beberapa komunitas, siang tadi mendeklarasikan dukungan terhadap Peraturan Menteri (PM) Nomor 118 tahun 2018 di Cafe Kampung Popsa, Rabu (12/09/2019).

Kegiatan mengangkat tema ”Harmonisasi Regulasi Menciptakan Driver Mandiri dan Sejahtera” ini dihadiri Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setyadi. Dalam deklarasi itu, Budi mengatakan bahwa ini adalah momentum yang bagus karena pihaknya diundang langsung asosiasi driver online Makassar yang bulat memberi dukungan terhadap regulasi berkaitan keberadaan driver online (Gojek dan Grab) di tanah air.

“Teman-teman driver online Makassar dalam hal ini mendukung secara penuh Peraturan Menteri Nomor 118 tahun 2018 baik secara asosiasi maupun perorangan,” kata Budi.

Ketua Aliansi Driver Online Individu Makassar, Moja mengatakan ada sekitar 30 komunitas dan tiga organisasi besar di Makassar mendukung kegiatan yang juga dihadiri para pelaku usaha taxi konvensional dan Ketua Organda Sulsel ini.

“Deklarasi ini bentuk apresiasi driver online se Makassar kepada kementeriaan perhubungan yang telah membantu memberikan payung hukum kepada driver online,” kata Moja.

Sehingga pengemudi online tidak lagi dianggap ilegal. Ia berharap Makassar menjadi kota percontohan kepada driver online (Grab dan Gojek) yang taat aturan.

Ketua Panitia Deklarasi Akbar Syarif Mahda dan Sekjen Aliansi Driver Online Individu Makassar mengungpakan ucapan terima kasih kepada dirjen perhubungan darat dan berharap membantu para pengemudi online maupun koperasi dan perusahaan tempat mereka bernaung dalam hal perizinan dan keperluan operasional lainnya.

Salah satu perwakilan Komunitas Kejar Berkah (OmJaber), Nawir Nura yang hadir dalam deklarasi itu berharap kegiatan ini memberi pengaruh positif kepada seluruh driver dan perusahaan tempat mereka bernaung sebagai driver online di Makassar. (nur)

Loading...