HarHubNas, Empat Instansi Perhubungan “Bersih-bersih Pantai”

Kamis, 12 September 2019 - 19:51 WIB
FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Otoritas Pelabuhan Utama Makassar bersama Kesyahbandaran Utama Makassar, PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) dan Distrik Navigasi Kelas I Makassar menggelar “Bersih-bersih Pantai” dalam rangka Hari Perhubungan Nasional di Pelabuhan Rakyat Paotere, Makassar.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar, Victor Vikki Subroto, mengatakan, Gerakan Bersih Laut dan Pantai Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengangkat tema “Laut Bersih Bikin Baper”.

“Selain melibatkan seluruh instansi perhubungan di Makassar, kegiatan ini juga diikuti oleh stakeholder terkait dan masyarakat di sekitar Pelabuhan Paotere,” katanya, Kamis (12/9/2019).

Kegiatan “Bersih-bersih Pantai” ini dilakukan secara serentak di 260 pelabuhan serta melibatkan 100.000 peserta di seluruh Indonesia dan masuk dalam Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI).

Untuk “Bersih-bersih Pantai” di Pelabuhan Paotere, Makassar, diikuti oleh sekitar 3.000 peserta.

GM PT Pelindo IV Cabang Makassar, Aris Tunru, menuturkan, saat ini pihaknya juga sudah tidak lagi menggunakan air mineral dalam botol untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi limbah sampah plastik hingga 70 persen pada tahun 2025 mendatang.

“Sekarang ini setiap kegiatan yang diadakan oleh Pelindo IV sudah tidak lagi menggunakan air mineral dalam botol untuk disajikan kepada tamu. Dan setiap karyawan juga wajib menggunakan tumbler atau termos untuk mengisi air minum,” jelasnya.

Sebelum kegiatan “Bersih-bersih Pantai”, terlebih dahulu digelar upacara, kemudian dilanjutkan dengan Senam Bersama dan Video Conference dengan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Video Conference diwakili oleh sembilan pelabuhan yaitu Pelabuhan Sunda Kelapa, Bitung, Makassar, Balikpapan, Belawan, Tanjung Emas, Ambon, Benoa dan Pelabuhan Sabang. (tam)

Loading...