KH Nasaruddin Umar dan Yusuf Mansyur: Wajah Habibie Cerah

Kamis, 12 September 2019 - 09:11 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Almarhum Presiden ke-3 Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie akan dimakamkan hari ini di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Sejak semalam, Rabu (11/9), para tokoh dan pejabat tak berhenti datang ke rumah duka di Patra Kuningan, Jakarta. Di antaranya, Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar dan Ustadz Yusuf Mansyur.

Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar mengungkapkan perasaannya usai melayat ke rumah duka. Dia menyebut almarhum sebagai teladan yang dikenang bangsa sepanjang massa.

“Tanda-tanda orang baik itu tersenyum saat meninggalkan kita. Wajahnya almarhum tersenyum tadi, cerah. Dan orang lain yang ditinggalkan pasti menangis. Itu tanda-tanda kebaikan. Yang terbaik bagaimana supaya mendoakan. Dan kita semua generasi selanjutnya melakukan yang terbaik,” ujar KH Nasaruddin Umar.

Sementara itu, Ustad Yusuf Mansyur juga memberi kesan yang sama. Menurutnya, BJ Habibie adalah negarawan yang menjadi suri teladan untuk generasi muda.

“Tadi saya melayat wajahnya cerah sekali, itu tanda-tanda orang baik,” ujarnya.

Dia mengungkapkan kesan dan cerita berkesan yang dialaminya dengan almarhum. Adalah ketika kedua anaknya mengaji di hadapan BJ Habibie.

Partai Gelombang Rakyat Segera Muncul, PKS Tak Terancam

Presiden ke-3 RI BJ Habibie Meninggal, Begini Pujian Dunia

Penasihat KPK Tsani Annafari Beber 3 Dugaan Pelanggaran Firli

Wali Kota Parepare Taufan Pawe Ungkap Tantangan BJ Habibie

Arab Saudi Resmi Hapus Biaya Visa Progresif Umrah

“Cerita berkesan saat kedua anak saya mengaji surat Al Fath di depan BJ Habibie, saat itu dalam rangka silaturahmi,” tandas Ustaf Yusuf Mansyur.

Sejak semalam, Rabu (11/9), para tokoh dan pejabat tak berhenti datang ke rumah duka di Patra Kuningan, Jakarta. Terlihat, sejumlah tokoh yang datang di antaranya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Menteri Bappenas Bambang Brodjonegoro, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Radjasa, Sandiaga Uno dan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar.

Pintu pagar rumah duka tertutup rapat untuk media agar lebih khusyuk dalam mendoakan almarhum. Tenda putih juga digelar menutupi bagian atap rumah duka.

Tampak pula karangan bunga di area rumah duka. Berbagai karangan bunga ucapan duka di antaranya dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Suara kumandang surat Yasin mulai dilantunkan menggunakan pengeras suara sejak pukul 21.00 WIB. Rabu (11/9). (jp)

Loading...