Penasihat KPK Tsani Annafari Beber 3 Dugaan Pelanggaran Firli

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Penasihat KPK Tsani Annafari membeberkan kronologi pemeriksaan dugaan pelanggaran etik eks Deputi Bidang Penindakan KPK Firli Bahuri. Tsani menyebut, dugaan tersebut bermula dari adanya laporan masyarakat pada 18 September 2018.

Berdasarkan hasil pemeriksaan Direktorat Pemeriksaan Internal (PI), KPK menyebut terdapat tiga dugaan pelanggaran etik berat yang dilakukan Firli selama bertugas di lembaga antirasuah.

Atas pengaduan tersebut, Direktorat PI KPK menggelar pemeriksaan sejak 21 September hingga 31 Desember 2018. Hasil pmeriksaan ditemukan adanya sejumlah pertemuan antara Firli Bahuri dengan pihak-pihak berperkara di KPK.

“Dua kali pertemuan dengan Gubernur NTB (Nusa Tenggara Barat) Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi,” kata Penasihat KPK Tsani Annafari.

Pada 2 Mei 2018, KPK melakukan penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi terkait kepemilikan saham pemerintah daerah dalam PT NNT tahun 2009-2016. TGB merupakan salah satu pihak yang diperiksa KPK sebagai saksi penyelidikan tersebut.

Penasihat KPK Tsani Annafari menyebut pada 12 Mei 2018, Firli Bahuri hadir dalam acara Harlah GP Ansor ke-84 dan launching penanaman jagung 100 ribu hektare di Bonder, Lombok Tengah, NTB.

Penasihat KPK Tsani Annafari mengatakan, Firli berangkat ke lokasi menggunakan uang pribadi dan tidak membawa surat tugas. Dalam pertemuan ini pula, Firli terlihat bicara dengan TGB. Dalam acara tersebut, sambungnya, TGB dengan Firli duduk pada barisan depan dan berbincang cukup akrab.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...