Susilo Bambang Yudhoyono Bilang Kehilangan BJ Habibie

Kamis, 12 September 2019 - 13:06 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Presiden ke-6 Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama kedua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhi Baskoro Yudhoyono (Ibas) melayat ke rumah duka Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie. SBY yang mengaku memiliki kedekatan dengan sang perancang pesawat N-250 itu turut merasakan kehilangan dan duka yang mendalam.

“Saya memiliki kedekatan secara pribadi baik sebelum menjadi Presiden terutama di era reformasi,” kata Susilo Bambang Yudhoyono di rumah duka BJ Habibie, Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (12/9).

Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan, sepeninggal istri tercintanya Ani Yudhoyono hubungan keluar besarnya dengan Habibie semakin dekat. Susilo Bambang Yudhoyono kini sangat merasa kehilangan atas berpulangnya sang Bapak Demokrasi itu.

“Setelah Ibu Ani berpulang hubungan di antara keluarga kami semakin dekat lagi. Oleh karena itu, secara pribadi saya sungguh kehilangan,” ucap Susilo Bambang Yudhoyono.

Kendati demikian, Susilo Bambang Yudhoyono meyakini putra terbaik Indonesia itu akan mendapat tempat terbaik. SBY pun turut mendoakan agar amal ibadah Habibie senantiasa diterima Allah SWT.

“Sebagai sahabat beliau, adik beliau ikut mendoakan semoga Pak Habibie hidup tenang di sisi Allah SWT,” ucap Susilo Bambang Yudhoyono.

Ribuan orang turut memadati TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9) siang, untuk menyaksikan pemakaman BJ Habibie. Hadirin terdiri dari tamu penting, aparat, hingga masyarakat yang berada di sekitar lokasi.

Dari pantauan di lokasi, warga memadati area depan TMP Kalibata, Jakarta Selatan, yang berada persis di pinggir jalan. Namun banyak pula masyarakat yang masuk ke area pemakaman untuk melihat prosesi pemakaman BJ Habibie.

“Pengin lihat makamnya Pak Habibie, katanya di samping makam Buk Ainun,” kata Ros, salah satu warga yang hadir di lokasi.

Universitas Muslim Indonesia Salat Gaib untuk BJ Habibie

Warga Dusun Lanrae Adakan Ta’sia di Masjid Nur Habibie

Andi Fahsar M Padjalangi Pimpim Doa untuk Bj Habibie

Antusias Anggota DPRD Makassar Saksikan Pemakakaman BJ Habibie dari Siaran Langsung TV

Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi Bersih-bersih Eselon II

Sementara itu, kondisi jalanan di sekitar di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9) mengalami kemacetan. Baik dari arah Pancoran maupun dari arah PGC Cililitan. Tampak puluhan aparat mengatur jalanan yang juga diramaikan oleh warga yang hendak menyaksikan pemakaman BJ Habibie.

Sesuai rencana, BJ Habibie dimakamkan setelah disalatkan di waktu zuhur. Saat berita ini dibuat, rombongan jenazah belum tiba di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Diberitakan sebelumnya, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta pada Rabu (11/9) petang. Beliau menghembuskan napas terakhir setelah dirawat intensif selama 10 hari sejak 1 September 2019. (jp-jpnn)

loading...