Buron… Bapak-Anak Kompak Curi Motor di Makassar, Dibekuk di Balikpapan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAROS — Dua pelaku kasus Pencurian Motor (Curanmor) yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) berhasil diamankan di Jalan Srindit 5 Nomor 49 Sepinggan, Balikpapan Selatan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Informasi yang dihimpum kedua pelaku pencurian ini merupakan anak dan bapak. Di mana sang anak berinisial MI (21) dan bapak NB (46). Keduanya sudah dua bulan menjadi buronan di wilayah hukum Polsek Moncongloe, Polres Maros, Kabupaten Maros.

Dalam kasus ini anaknya bertugas melakukan aksi pencurian kendaraan kemudian sang ayah bertugas menjual kendaraan bermotor hasil curian anaknya.

Dari aksinya itu tersangka MI telah berhasil menggasak 5 unit motor di empat titik TKP di Makassar dan satu TKP di wilayah hukum Polsek Moncongloe. Kemudian hasil curian ini dijual oleh pelaku NB seharga Rp2,5 juta hingga Rp3 juta per unitnya.

Ironisnya aksi pencurian motor ini dilakukan sejak tahun 2018 lalu. Mereka baru mengakhiri aksinya setelah tertangkap oleh petugas di luar Sulawesi.

Kapolsek Moncongloe, Ipda A Rahmat Wijaya mengatakan setelah berkoordinasi dengan Kanit Reskrim dan mengecek LP ternyata ada DPO curanmor.

Setelah dilakukan penyelidikan, kedua pelaku merupakan DPO sejak dua bulan lalu dan diketahui keberadaannya di Kaltim. Pihak Reskrim pun langsung berkoordinasi dengan Jatanras Polda Kaltim.

“Jadi setelah kita mengetahui keberadaan kedua pelaku, unit Opsnal Polsek Moncongloe langsung bergerak menuju Kaltim guna melakukan penangkapan,” katanya Sabtu, 14 September.

Diakuinya pihaknya berusaha bekerja keras mengungkap kasus tindak kriminal yang terjadi di wilayah hukumnya.

“Kami merasa bangga dengan anggota kami atas kerja sama serta kerja kerasnya di lapangan sehingga berhasil mengungkap dan mengamankan pelaku kasus curanmor di wilayah hukum Polsek Moncongloe,” katanya.

Akan tetapi, saat sedang dilakukan pengembangan untuk pencarian barang bukti (BB), tersangka MI mencoba melarikan diri dan melawan petugas, sehingga petugas memberikan tembakan peringatan.

“Namun tidak diindahkan sehingga petugas langsung melakukan tindakan tegas dan terukur dengan cara melumpuhkan tersangka dan mengenai betis bagian kanan,” jelasnya.

Saat ini kedua tersangka beserta barang bukti satu unit sepeda motor merk Yamaha Fino Nopol DD 5738 TK warna merah diamankan di Polsek Moncongloe untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Akibat perbuatannya, tersangka MI dikenakan pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. Sementara orang tua pelaku NB sang bapak dikenakan pasal 480 dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. (rin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...