Plin-plan Politik Sukri di Pilkada Bulukumba, Anaknya ke Tomy, Adik Lengket dengan JMS

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA – Tahapan Pilkada Serentak pada 12 kabupaten/kota di Sulsel sudah berjalan. Sejumlah nama yang ingin bertarung pun mulai terlihat.

Dari 12 daerah yang akan menggelar pilkada, sebagian besar masih akan melibatkan petahana. Hanya Pangkep dan Makassar yang tidak dimeriahkan mereka yang masih berkuasa. Sementara, Bulukumba dan Maros hanya wakil bupati yang punya kans untuk maju.

Kondisi ini membuat kandidat di daerah yang harus berhadapan dengan petahana masih terlihat berhati-hati. Selain, berhitung peluang, kandidat juga terkesan melihat peluang digandeng sang petahana.

Khusus Bulukumba dan Maros menarik karena meski tak melibatkan petahana, namun klan dari bupati ikut meramaikan bursa calon bupati dan wakil bupati. Lingkaran kekuasaan berusaha mendorong kelompoknya untuk tetap menduduki kursi empuk kepala daerah.

Bupati Bulukumba, Andi Sukri Sappewali misalnya mendorong adik dan anaknya. Dua adiknya adalah mantan Anggota DPRD Bulukumba, Andi Baso Mauragali dan Sekretaris Dinas Pariwisata Bulukumba, Andi Mattampawali. Kemudian anaknya yakni, Andi Muh Zainul Darma Putra.

Andi Uul dampingi Tomy Satria ke PDIP Bulukumba (atas). Di tempat lain Andi Mattampawali dengan Jamaludin M Syamsir (bawah).

Klan dari Sukri ini pun terlihat menyebar ke sejumlah kandidat. Misalkan, Andi Mattampawali berkembang akan ‘dikawinkan’ dengan politisi Golkar, Jamaluddin M Syamsir (JMS). Bahkan, foto kebersamaan antara keduanya juga telah beredar di media sosial. Terbaru, keduanya kompak hadir di acara ritual Andingingi di Kajang, siang tadi. Foto keduanya sambil mengenakan pakaian serba hitam itu pun tersebar.

Di tempat lain, Putra Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali, Andi Muh Zainul Darma Putra tampak mendampingi Tomy Satria Yulianto (TSY) saat mengembalikan formulir pendaftaran di Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bulukumba.

Mau Rangkul PDIP Bulukumba, Tomy: Kita Sama-sama Pendukung Jokowi

Andi Uul, sapaan akrabnya menggunakan mobil offroad bak terbuka. Dari Kantor DPD Nasdem Bulukumba, ia terlihat memboyong massa menggunakan seragam biru yang diketahui merupakan komunitas “TO DIE FOR” yang diinisiasi Andi Uul.

Berkembang di masyarakat, sikap politik Bupati Bulukumba yang berlatar belakang militer itu punya sisi plus dan minus. Sisi minusnya, Sukri terkesan tak punya ketegasan alias plin-plan. Pasalnya, selalu cari aman dan tidak ingin ketinggalan.

Bupati Bulukumba, Andi Sukri Sappewali tidak membantah semua itu. Ia sudah menegaskan akan memberikan kesempatan kepada adik dan anaknya untuk bersosialisasi dan merebut simpati masyarakat. Dia pun siap memback up untuk memperoleh dukungan partai politik.

“Itu hak mereka, untuk maju tetapi nanti kita lihat siapa yang kita dorong berdasarkan hasil survei,” tutup Andi Sukri, belum lama ini. (taq)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...