Chairul Imam Sebut Agus Rahardjo Cs Ikut Lemahkan KPK

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Praktisi Hukum Chairul Imam menilai tiga pimpinan KPK yakni Agus Rahardjo, Saut Situmorang, dan Laode M Syarif, turut melakukan pelemahan terhadap lembaga antirasuah. Secara tidak langsung, ketiganya ikut menghambat upaya penegakan hukum di KPK.Ketiga pimpinan itu mundur untuk merespons persoalan RUU KPK dan Komisioner KPK era 2019-2023. Setelah ketiganya mundur, saat ini hanya tersisa satu pimpinan KPK yang bertahan yakni Basaria Panjaitan.Chairul Imam¬†mengatakan, Basaria tidak bisa leluasa bekerja lantaran tanpa pendamping. Basaria tidak bisa memutuskan sesuatu di KPK.Sebab, kata dia, keputusan yang diambil pimpinan KPK harus bersifat kolektif kolegial. Imam mengacu hal itu dalam Pasal 21 ayat 1 huruf a Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK.”Pimpinan KPK lumpuh biar pun dia (Basaria) mengatakan bertahan, tetapi dia (Basaria) enggak bisa membuat keputusan. Sebab, keputusan di KPK kolektif kolegial. Enggak bisa kalau dia sendiri,” ucap Chairul Imam ditemui usai menghadiri diskusi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (15/9).

Antasari Azhar: Political Will Melemahkan, Bukan Kuatkan KPKGaruda Indonesia Batalkan 12 Penerbangan, Ini PemicunyaPuluhan Orang Ramaikan Launching Buku dan Talkshow KepenulisanSteffi Zamora Berdarah Jerman Miliki Kulit Cantik, Ini RahasianyaFasilitas Minyak Arab Saudi Jadi Target Serangan Yaman

Chairul Imam tidak bisa membayangkan jika pekan depan KPK ingin menerbitkan surat perintah penahanan. Kosongnya kursi pimpinan membuat penerbitan surat terhambat.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...