Kemenkumham Sulbar Beber Hasil Kajian Karakteristik Narapidana Kasus Narkotika

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAMUJU–Kementerian Hukum dan Ham Sulawesi Barat melaksanakan Rapat Presentasi Laporan Hasil Kajian HAM tentang “Karakteristik Narapidana Kasus Narkotika” di ruang Seno Aji, Kanwil Kememkumham Sulbar, Senin(16/10).

Hal itu menindak lanjuti perintah Menteri Hukum dan HAM RI, Yassona H. Laoly berkaitan dengan semangat pemberantasan narkoba yang sedang digalakkan oleh Kemenkumham.

Rapat tersebut dipimpin langsung Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Sri Lastami dan Kepala Bidang HAM Munir.

Dalam arahannya Sri Lastami menyampaikan, penyalahgunaan narkotika telah diklasifikasikan sebagai kejahatan luar biasa (extraordinary crime). “Peran kita sangat besar dan dibutuhkan dalam pemberantasan narkotika, ” kata Sri.

Dengan koordinasi yang baik bisa menghasilkan rumusan bagaimana mencegah peredaran narkoba yang semakin membahayakan. Data akhir tahun 2018 jumlah kasus narkotika mencapai angka 115.289 atau hampir 95 persen dari total naripidana khusus yang ada di Indonesia. Tidak semua narapidana kasus narkotika dapat tertampung dalam Lapas Khusus Narkotika.

“Sebagian besar tersebar diberbagai lapas umum dan rumah tahanan (rutan)” ucap Sri Lastami.

Hasil kajian ini berguna untuk mengetahui karakteristik dari narapidana. Nantinya hasil kajian ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan perbaikan secara terus menerus, terutama yang terkait pelayanan dan pembinaan warga binaan pemasyarakatan di Lapas/Rutan di wilayah Kumham Sulbar.

Acara kemudian berlanjut dengan pemaparan narasumber dari Universitas Tomakaka yang merupakan Dekan Fakultas Hukum Fadli, S.H., M.H. Ia memaparkan hasil kajian dengan mengolah data yang telah dilakukan Kemenkumham Sulbar tentang karakteristik narapidana narkotika.
Rapat ini dihadiri dari berbagai instansi terkait, di antaranya BNNP Sulawesi Barat, BKKBN, Polres Mamuju, Balitbangda Sulbar, LPP Mamuju, LPKA Mamuju dan Rubasan serta mahasiswa dari Universitas Tomakaka. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar