Makam Bacharuddin Jusuf “BJ” Habibie Dijaga Ketat, Alasan Ini

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Hampir sepekan setelah kepergian Presiden RI ketiga, makam Bacharuddin Jusuf “BJ” Habibie itu di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan masih ramai didatangi oleh masyarakat. Kedatangan mereka tidak lain untuk ziarah.

Namun, adapula banyak peziarah yang berswa foto atau selfie di makam Bacharuddin Jusuf “BJ” Habibie. Mereka bahkan rela berdesak-desakkan. Kondisi ini kemudian menjadi viral di media sosial, dan menuai kritik. Lantaran tidak seharusnya pemakaman menjadi tempat hiburan berfoto.

Terkait hal ini, Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang langsung mengambil langkah untuk mengendalikan situasi ini. Dia menurunkan petugas keamanan, agar makam Bacharuddin Jusuf “BJ” Habibie tersebut tidak hanya digunakan untuk berselfie.

“Kita tempatkan dua orang satpam di samping makam selama sebulan untuk menjaga peziarah agar berziarah dengan berdoa dan mendoakan Pak Habibie, bukan hanya untuk berselfie-selfie dengan nisan,” kata Agus saat dikonfirmasi, Minggu (15/9).

Meski begitu, Agus memastikan keputusannya menjaga makam Bacharuddin Jusuf “BJ” Habibie bukan untuk mempersulit warga yang hendak berziarah. Namun, untuk membuat ketertiban di sebuah pemakaman. Dengan begitu, diharapkan para peziarah datang untuk berdoa, bukan sebatas foto-foto.

“Sekali lagi, kami tidak pernah mempersulit bagi peziarah yang ingin mendoakan Pak Habibie di sana, bahkan kami berharap agar masyarakat datang untuk mendoakan beliau,” tegasnya.

Xanana Gusmao: Mau Pecah Hatiku, Mau Pecah

Buronan Mathias Hubert Marie Echene Diserahkan ke Hong Kong

Penyanyi Via Vallen: Sampe Ketemu di Lapangan Ex MTQ Yaaaa!

Curi Motor Istri Siri, Begini Alasan AD Nekad Melakukannya

Pengurus UKM Jurnalistik Al-Qalam UMMA Maros Resmi Dilantik

Sebelumnya, Presiden ke-3 Republik Indonesia Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie meninggal dunia di usia 83 tahun. Habibie meninggal di Rumah Sakit RSPAD Gatot Subroto, Jakarta,setelah dirawat sejak 1 September 2019. Pihak keluarga membenarkan kabar duka tersebut.

Keponakan BJ Habibie, Adrie Subono membenarkan kabar duka tersebut. Hingga saat ini, Presiden Joko Widodo sudah tiba di RSPAD Gatot Subroto.

“Benar (meninggal dunia) pukul 18.05 kurang lebih. Ini sedang pak Jokowi,” kata Adrie Subono kepada JawaPos.com, Rabu (11/9).

Sementara itu, putra kedua BJ Habibie Thareq Kemal Habibie juga membenarkan kabar duka tersebut. Dia memastikan ayahnya sudah meninggal dunia karena alasan usia.

“Dengan sangat berat mengucapkan bahwa Ayah saya BJ Habibie telah meninggal dunia. Alasan meninggal adalah karena sudah menua dan itu melemah dan tidak kuat lagi. Tadi 18.05 jantungnya dengan sendiri menyerah, saya ada di situ,” ujar Thareq. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...