Gaya Kepemimpinan Irjen Umar Septono Masih Ada di Sulsel, Ini Orangnya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, WATAMPONE — Mantan Kapolda Sulsel, Irjen Pol Umar Septono, masih sulit dilupakan di Sulsel. Gaya kepemimpinannya membuat dia selalu dirindukan oleh masyarakat. Religius.

Gaya kepemimpinan Wairwasum Mabes Polri itu tetap ada, meski bukan langsung dari dia. Keberadaannya di Kabupaten Bone. Tepatnya, Kapolres Bone, AKBP Kadarislam Kasim. Apa yang dilakukan Irjen Umar hampir persis dengan yang dilakukan Kadarislam.

Nama Umar memang selalu berusaha mengikuti jejak Khalifah Umar bin Khattab. Dia mengajak jajarannya untuk mendekat kepada Allah subhanahu wata’ala dengan memberikan teladan. Begitu juga dengan nama Kadarislam Kasim.

Umar saat menjabat Kapolda Sulsel memiliki dua misi yakni, semakin dekatkan anggota Polda Sulsel ke sang pencipta, Tuhan Yang Maha Esa dan memberikan pelayanan maksimal ke masyarakat.

“Jadi kalau dalam Islam dan di Alquran, istilahnya adalah hablum minallah dan hablum minannas, itu yang menjadi misi saya,” katanya saat itu.

Umar memang dikenal sebagai polisi yang religius, ramah, dan sopan. Misinya pun di Sulsel terbilang berhasil. Salat lima waktu di masjid yang berbeda-beda dalam sehari. Dan tidak ada dalam agenda.

Umar juga tak segan menemui Ketua RT untuk melaporkan dirinya sebagai warga yang baru, turun mengatur lalu lintas, mengangkat jenazah hingga kuburan, mengunjungi tahanan di Rutan dan Lapas. Paling terakhir menemui buruh pelabuhan dan makan bersama.

Dia juga tidak peduli dengan penilaian. Dia lebih mementingkan perintah Allah daripada perintah dunia. “Saya juga bukan ahli agama, tapi saya tahu sedikit-sedikit. Intinya, sampaikan saja walau satu ayat,” bebernya.

Sementara Kapolres Bone, AKBP Kadarislam Kasim juga melakukan hal yang sama. Di manapun memberikan pengarahan selalu menitipkan pesan-pesan agama untuk seluruh personelnya. “Setiap habis salat saya selalu sempatkan untuk menyampaikan pesan agama dan pesan kamtibmas,” katanya kepada FAJAR, Selasa (17/9/2019).

Bahkan mendatangi seluruh masjid di Bone juga menjadi bagian dari misinya selama menjabat. Hal itu juga dilakukan oleh Irjen Umar. Salat berjamaah di masjid yang berbeda setiap harinya.

“Saya usahakan setiap hari beda masjid, biar bisa masuki seluruh masjid yang ada di Bone,” tutur perwira berpangkat dua melati itu. (gun)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...