Gunakan Metode Modern, PKM Polibos Berdayakan Peternak Bebek di Maros

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Politeknik Bosowa (Polibos) menyasar para peternak bebek di Dusun Cambajawa, Desa Baruga, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros. Mereka ingin produktivitas telur yang dihasilkan bisa meningkat.

Tetapi, metode yang diajarkan ke masyarakat bukan lagi menggunakan metode tradisional. Seperti melepas bebek mencari makan di sawah dan sekitar kandang. Sebab, metode seperti itu dianggap tidak lagi cocok di zaman sekarang.

Mereka pun menawarkan metode beternak yang lebih modern. Cukup dengan memanfaatkan kandang dan memberi pakan secara teratur. Sebab, pakan sangat memengaruhi produktivitas bebek dalam menghasilkan telur.

Salah seorang tim PKM Polibos, Ifan mengatakan, saat ini warga memproduksi pakan menggunakan dedek 2 kg, dan 2 kg tepung kepala udang untuk 30 ekor bebek.

“Politeknik Bosowa melaksanakan observasi dan memberikan solusi untuk mitra yaitu sistem dry home sehingga tetap dapat melakukan penjemuran walaupun kondisi cuaca tidak begitu terik ataupun hujan,” jelasnya, Selasa (17/9/2019).

Selain itu, kata dia, solusi yang diberikan kepada mitra adalah Mesin Disk Mill. “Dengan mesin ini mitra dapat menghaluskan kepala udang, jagung dan bahan baku pakan lainnya sehingga mitra dapat meningkatkan proses produksinya,” pungkasnya. (ism)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...