HS Dillon Meninggal Dunia, Berikut Jasa Tokoh Medan Ini

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - HS Dillon meninggal dunia Senin (16/9), sekitar pukul 18.27 Wita, saat menjalani perawatan di RS Siloam Bali sejak 19 Agustus 2019.

HS Dillon, sebuah nama yang tidak asing di sektor pertanian. Lelaki yang mudah dikenali dari penampilannya selalu mengenakan turban (penutup kepala ala kaum Sikh) itu memang selalu konsisten lantang menyuarakan kepentingan petani dan kedaulatan pangan sejak dulu.

Melalui tulisan-tulisannya di media massa ataupun pendapat-pendapatnya dalam forum-forum diskusi ataupun yang dikutip media pemilik nama lengkap Herbrinderjit Singh Dillon itu banyak menyumbangkan pemikirannya untuk sektor pertanian di tanah air, terutama dalam hal kemandirian.

Kabar duka datang pada Senin, yang mewartakan HS Dillon meninggal dunia saat dalam perawatan di Rumah Sakit Siloam Bali sekitar pukul 18.27 Wita dalam usia 74 tahun setelah sakit komplikasi jantung dan paru-paru beberapa lama.

Keterikatan lelaki keturunan India kelahiran Medan Sumatera Utara pada 23 April 1945 itu terhadap sektor pertanian tak lepas dari karirnya yang selama hampir 15 tahun di lembaga pemerintahan yang menangani sektor pertanian yakni Departemen (sekarang Kementerian) Pertanian.

Pada awal karirnya dia menduduki Tenaga ahli diperbantukan pada Ketua Tim Khusus Proyek Perkebunan Berbantuan, Direktorat Jenderal, Departemen Perkebunan (1983-1985), kemudian Kepala bagian Pengkajian Komoditas Biro Kerja Sama Luar Negeri, Sekretariat Jenderal, Departemen Pertanian (1985-1990).

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...