Kabut Asap Kalimantan Pengaruhi Penerbangan di Bandara Sulhas

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAROS — Kabut asap yang terjadi akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalimantan mulai berdampak terhadap penerbangan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (Sulhas).

Pasalnya sejumlah penerbangan dari Makassar tujuan Kalimantan mengalami delay atau penundaan disebabkan kabut asap.

General Manager PT Angkasa Pura I, Wahyudi mengatakan selama dua hari terakhir ini, ada sekitar tujuh penerbangan tujuan Kalimantan yang mengalami keterlambatan atau delay yang disebabkan bencana asap yang mengganggu jarak pandang pilot.

“Jadi dua hari terakhir ini dampak bencana kabut asap di bagian wilayah Indonesia khususnya daerah Kalimantan dan Sumatra, itu mengakibatkan adanya penerbangan yang berasal dari Makassar menuju Pulau Kalimantan berdampak,” katanya.

Bahkan ada sekitar tujuh penerbangan yang delay atau mengalami keterlambatan selama dua hari belakangan.

“Kalau untuk data hari ini baru bisa keluar pukul 00.00 Wita, namun untuk beberapa hari terakhir ini jumlah penerbangannya bervariasi. Seperti kemarin dulu ada empat dan kemarin ada sekitar delapan delay,” jelasnya.

Lebih lanjut kata dia, keterlambatan penerbangan pesawat ini dikarenakan jarak pandang yang disebabkan oleh asap itu menjadi lebih pendek sehingga menyulitkan pemandangan pilot saat menerbangkan pesawat.

“Jarak pandang yang disebakan asap itu menjadi lebih pendek sehingga kita sebagai insan penerbangan baik maskapai maupun bandara mengutamakan mengutamakan keselamatan penerbangan dan keselamatan para penumpang itu, makanya penerbangan menuju Kalimantan di delay,” jelasnya.(rin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar