Karbohidrat yang Sehat Dikonsumsi, Ini Beberapa Kiat Memilih


FAJAR.CO.ID– Bagi yang sedang diet, karbohidrat sering menjadi makronutrien yang dianaktirikan. Padahal, karbohidrat itu penting, hanya saja pemilihannya harus diperhatikan. Ikuti tips memilih sumber yang sehat lewat artikel ini.Yang terjadi pada tubuh jika kekurangan karbohidratMenurut dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter, karbohidrat adalah sumber utama energi tubuh untuk beraktivitas sehari-hari. Jadi sebenarnya asupan ini tak boleh dihilangkan.“Idealnya, 45-65 persen sumber kalori didapat dari karbohidrat. Jika Anda mengonsumsi kurang dari jumlah yang disarankan, itu bisa berisiko,” ungkap dr. Sara.Apabila sampai kekurangan sumber nutrisi ini, Anda akan mengalami sejumlah gejala seperti:Mudah atau selalu merasa lelah dan sulit berkonsentrasi.Sakit kepala, rasa lapar berlebih, dan “kebingungan” karena kadar gula darah dalam tubuh terlalu rendah (hipoglikemia).Bau mulut, mual, sakit kepala, kelelahan berlebihan, dan pembengkakan sendi. Itu semua termasuk gejala gangguan ketosis (tingginya kadar zat keton dalam darah).Mudah sakit karena sistem imunitas tubuh tidak bekerja sebagaimana mestinya.Susah buang air besar (sembelit).Dehidrasi.Cara memilih sumber karbohidrat yang sehatNah, agar tidak mengalami sejumlah kondisi di atas, Anda disarankan untuk tetap menyertakan karbohidrat dalam menu sehari-hari. Namun, mengingat ada beberapa jenis, Anda mesti memilih yang sehat.1. Pilih yang utuh, bukan yang disempurnakanMungkin Anda lebih akrab dengan istilah karbohidrat kompleks dan sederhana ketimbang dua istilah ini.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar