Presiden Joko Widodo Salat Minta Hujan Sebelum Tinjau Karhutla

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, PEKANBARU– Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan salat untuk minta hujan atau istisqa di Masjid Amrulloh, Kompleks TNI AU, Lanud RSN, Pekanbaru, Riau, Selasa (17/9). Pelaksanaan salat tersebut menjadi salah satu upaya untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melalui sisi religi.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo menyampaikan, dalam pelaksanaan salat minta hujan itu bertindak sebagai khatib Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau Muhammad Fahri.

Dalam ceramahnya, Fahri mengajak kepada seluruh jamaah yang hadir untuk bersama-sama introspeksi diri seperti yang sudah dijalankan sebagaimana fungsi khalifah dalam pemeliharaan tumbuhan dan hewan.

Bupati Bone Telusuri Aset yang Dipindahkan Sesama OPD

Pengacara Hotman Niat Bantu Polisi yang Diseret di Atas Mobil

Tiga Setia Gara Ngaku Tersiksa dari Suami Bule, Ini Curhatnya

Lantik Wabup Barru, Gubernur Sulsel: Bupati Tidak Jomlo Lagi

IBK Nitro Sambut Mahasiswa Baru, Orang Tua Ikut Dilibatkan

“Khatib juga mengambil kisah tentang perjalanan Umar Bin Khatab saat meminta hujan seperti yang tertuang dalam Q.S Nuh ayat 10 sampai 12 dan QS Hud ayat 52, sebagai inspirasi dan contoh yang baik dan patut diikuti sebagai upaya yang diajarkan oleh agama Islam dalam rangka memohon kepada Tuhan agar hujan dapat segera turun,” ucap Agus dalam keterangannya, Selasa (17/9).

Usai melaksanakan salat minta hujan, Presiden Joko Widodo bersama rombongan segera menuju pangkalan udara TNI AU untuk meninjau karhutla di Kabupaten Pelalawan menggunakan helikopter kepresidenan.

Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi bersama rombongan di antaranya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Agus Gumiwang, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo, Gubernur Riau Syamsuar dan jajaran pemerintah daerah lainnya serta anak-anak yatim piatu. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...