Gelar Pospeda dan Musabaqah Qira’atil Kutub, 300 Peserta Padati Ponpes An Nur Tompobulu

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAROS — Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Maros menggandeng Yayasan Haji Muhammad Nur menggelar kegiatan Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren (Pospeda) dan Musabaqah Qira’atil Kutub di Pondok Pesantren Pesantren An Nur Tompobulu Dusun Polewali Desa Benteng Gajah Kecamatan Tompobulu, Rabu, 18 September 2019.

Kegiatan yang pertama kali digelar secara bersamaan antara Pospeda dengan Musabaqah ini diikuti sekitar 300 orang peserta dan pendamping dari berbagai sekolah dan Ponpes di Kabupaten Maros.

Ketua Pembina Yayasan Haji Muhammad Nur, Syamsu Nur mengaku sangat berterimakasih. Pasalnya, Kementerian Agama yang mempelopori penyelenggaraan Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren (Pospeda) dan Musabaqah Qira’atil Kutub ini memilih Ponpes An Nur Tompobulu sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini.

“Tentunya melalui kegiatan ini banyak manfaat yang bisa diperoleh bagi anak-anak santri kita. Karena olahraga dan seni mengandung nilai-nilai sportivitas,” katanya.

Dia juga mengatakan, sukses dan keberhasilan dicapai dengan usaha sungguh-sungguh dan penuh latihan.

“Hari ini juga demikian, pendidikan di pesantren itu sama dengan apa keberhasilan di olahraga. Yaitu perlu latihan dan kesungguh-sungguhan,” ungkapnya.

Ke depan, ia berharap selain sehat para santri ini juga bisa sukses dalam pendidikannya.

“Diharapakan selain bisa sehat juga bisa mencapai sukses dalam pendidikannya,” katanya.

Dia juga mengakui melalui Pospeda dan Musabaqah ini bisa dijadikan ajang mencari bibit-bibit juara.

Sementara Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kementerian Agama Maros (Kemenag) Ahmad Ihyaddin mengatakan kegiatan ini diikuti sekitar 246 peserta dan pendamping 59 orang.

Dia mengatakan, hingga hari H jumlah peserta terus bertambah di mana sebelumnya hanya 100-an orang peserta. “Pesertanya yang ikut ada sekitar 246 orang dan pendamping 59 orang,” katanya.

Sedangkan, Kepala Seksi PD Pontren Kanwil Kemenag Sulsel, Aminuddin, mengatakan nantinya peserta yang juara akan diikutkan dalam Pospeda Provinsi. Selanjutnya yang berprestasi di Provinsi akan diikutkan di ajang Pospenas di Bandung. (rin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment