Nina Zatulini: Setiap Kali Ada Aroma yang Aneh, Aku Mual

FAJAR.CO.ID-- Memori saat hamil anak pertama dan kedua tak bisa hilang dari ingatan Nina Zatulini. Pengalaman tubuh jadi sensitif bahkan dia rasakan pada setiap kehamilan.

Sensitivitas Nina Zatulini ditandai dengan gusi yang mudah berdarah ketika dirinya menyikat gigi. Padahal, proses menyikat gigi menjadi perjuangan bagi dia. Sebab, indra penciumannya juga menjadi sensitif. Dia selalu mual saat menghirup aroma pasta gigi. ”Setiap kali ada aroma yang aneh, aku mual. Sampai bingung waktu itu,” tutur Nina Zatulini.

Gusi berdarah dia alami hingga usia kandungan sembilan bulan. ”Bersyukurnya, tantangan itu aku rasain saat hamil anak pertama serta kedua. Sama,” kata Nina Zatulini saat ditemui dalam peluncuran produk untuk ibu dan bayi di Grand Indonesia beberapa waktu lalu.

Dampak indra penciuman yang sensitif, selera makannya ikut berubah. ”Kehamilan pertama, aku masih bisa maksa makan meski mual gitu. Tapi, di kehamilan kedua, aku pilih-pilih. Untuk yang amis, nggak mau, kayak ikan gitu,” ucap dia.

Dia lebih sering curhat kepada sang suami, Chandra Tauphan Ansar. Dari dokter obgyn yang merawat, Nina mendapat penjelasan bahwa yang dialaminya berkaitan dengan perubahan hormon.

Terpisah, drg Felice Kin Lie menyebutkan, ibu hamil sangat berpeluang mengalami kerusakan gigi. Hal itu terjadi karena perubahan fisiologis dan hormonal. ”Terjadi perubahan hormon estrogen maupun progesteron yang mungkin berpengaruh terhadap cairan sulkus gusi, serum, air liur, dan jaringan gusi,” paparnya kepada Jawa Pos Selasa (27/8).

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...