Prof Rohkmin Bawa Kuliah Umum di UNM, Bahas Tentang Kampus Hadapi Era Industri

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Mantan menteri kelautan dan perikanan di era Kabinet Gotong Royong Prof Rokhmin Dahuri hadir memberikan kuliah umum di Universitas Negeri Makassar (UNM) dengan tema “Perguruan Tinggi di Era Industri 4.0 dan Perubahan Iklim Global”, Rabu (14/9/2019).

Dalam paparannya, Rokhmin menyebutkan beberapa tantangan kehidupan pada abad ke-21 maki kompleks. Karena itu, lulusan perguruan tinggi diharuskan memiliki profil mumpuni agar mampu eksis di abad ke-21.

“Paling tidak, ada lima hal terkait profil lulusan perguruan tinggi yang dibutukan di abad ke-21,” kata mantan uru besar IPB.

Rokhmin, menyebut profil itu mencakup iman dan takwa kepada Tuhan Yang Mahaesa menurut agama masing-masing; memiliki kompetensi iptek sesuai program strudi/fakultas (hard skills); dan memiliki jasmani dan rohani yang sehat, dan kemampuan soft skills.

“Selain itu, menguasai iptek di era industri 4.0, dan memiliki etos kerja unggul dan akhlak mulia,” ujar pakar kelautan dan perikanan tersebut.

Rektor UNM Prof Husain Syam mengaku bersyukur atas kedatangan Prof Rokhim bisa memberikan motivasi kepada mahasiswa di Universitas Negeri Makassar. Husain juga memaparkan terkait UNM yang sudah setahun lalu untuk seluruh kegiatan yang dilakukan dengan cara digital.

“Saat ini semua sudut di UNM telah dilengkapi fasilitas wifi yang lengkap, sehingga dengan demikian UNM akan melaju untuk menjadi universitas kelas dunia,” jelasnya. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...