Menkumham Yasonna H Laoly Dituding Ingkar, Ini Masalahnya

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Hukum dan HAM atau Menkumham Yasonna H Laoly telah ingkar janji kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Yasonna disebut akan mempertemukan KPK dengan DPR terkait revisi pembahasan revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU KPK).

“Pak Laoly berjanji akan mengundang KPK saat pembahasan di DPR tapi Pak Laoly juga tidak memenuhi janji tersebut,” ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarif kepada wartawan, Rabu (18/9).

Laode mengaku sempat bertemu dengan Menkumham Yasonna H Laoly untuk meminta Daftar Inventaris Masalah (DIM) RUU revisi UU KPK pada Kamis 12 September 2019 lalu di Kantor Kemenkumham. Dalam pertemuan tersebut, dirinya ditemani Ketua KPK Agus Rahardjo, Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan, dan Kepala Bagian Perancangan Peraturan dan Produk Hukum KPK Rasamala Aritonang.

Mereka pun meminta Yasonna untuk membahas DIM tersebut dengan KPK sebelum pemerintah mengambil sikap final terkait revisi UU KPK. Hal ini lantaran pembahasan detail DIM tak pernah melibatkan KPK.

Namun, kata Laode, Menkumham Yasonna H Laoly enggan memberikan DIM tersebut kepadanya. Tak hanya itu, sambungnya, Yasonna juga menyampaikan pemerintah telah mendapat masukan yang cukup mengenai draf revisi UU KPK. Sehingga konsultasi publik tak lagi dibutuhkan.

Laode juga membantah telah dijelaskan oleh Menkumham Yasonna H Laoly terkait poin-poin draf RUU revisi UU KPK.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...