Militer Arab Saudi Kerahkan Angkatan Laut ke Teluk Persia

  • Bagikan
FAJAR.CO.ID, RIYADH - Militer Arab Saudi mengerahkan armada Angkatan Laut-nya ke Teluk Persia untuk bergabung dengan koalisi yang dipimpin Amerika Serikat. Langkah itu diambil karena Saudi sangat yakin bahwa Iran adalah otak di balik serangan terhadap fasilitas minyak Aramco pekan lalu. Seorang pejabat pemerintah yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, Kerajaan Arab Saudi telah bergabung dengan Konstruksi Keamanan Maritim Internasional yang diusung AS menyusul Australia, Bahrain, dan Inggris. Sebagaimana dikutip dari Saudi Press Agency, Rabu (18/9), koalisi maritim tersebut dibentuk AS setelah insiden perebutan kapal tanker Inggris di Teluk Persia, khususnya Selat Hormuz yang dikuasai Iran.
Gibran Rakabuming Raka Cari Tahu Mekanisme Pencalonan PDIP Presiden Jokowi: Belum-belum Sudah Antek Asing, Itu Emosi Aktris Cut Keke: Muka Boleh Muda Tapi Dengkul Sudah Nggak Pemerintah Arab Saudi Beber Bukti Serangan Drone Iran Menpora Imam Nahrawi Tersangka, Ini Kata Ali Mochtar Ngabalin
Militer Arab Saudi sendiri bergabung dengan koalisi ini setelah serangan di dua fasilitas pemrosesan minyak Aramco di lokasi berbeda, yang menyebabkan pasokan minyak dunia berkurang dan harga minyak dunia naik. Meski kelompok pemberontak Yaman, Houthi telah mengklaim serangan tersebut, baik Arab Saudi maupun Amerika Serikat yakin bahwa Iran adalah dalang dibalik serangan mengingat Houthi sendiri didukung. Tudingan Arab Saudi juga dibuktikan dengan senjata yang digunakan untuk menyerang adalah buatan Iran.
Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan