Muslim Paling Berpengaruh Dunia, Jokowi di Urutan ke-16

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Royal Islamic Strategic Studies Centre Yordania kembali merilis tokoh-tokoh muslim paling berpengaruh di dunia untuk tahun 2019.

Tahun ini sekaligus memperingati 10 tahun pemilihan 500 muslim paling berpengaruh, The Muslim 500, Royal Islamic Strategic Studies Centre.

Ada 500 tokoh masuk dalam daftar muslim paling berpengaruh dunia, banyak di antaranya adalah kepala negara, selain ketua organisasi, politikus, atlet, hingga selebriti.

Dalam top 50, Royal Islamic Strategic Studies Centre menempatkan beberapa kepala negara, di antaranya Presiden Joko Widodo yang berada di peringkat ke-16. Sementara itu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berada di posisi pertama muslim paling berpengaruh dunia di atas Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud.

Dalam penjelasannya, Royal Islamic Strategic Studies Centre Jordan menyebut, Jokowi sebagai pemimpin yang membudayakan blusukan atau mendatangi masyarakat langsung. Kebiasaan ini sudah dilakukan Jokowi sejak menjabat Wali Kota Surakarta dan Gubernur DKI Jakarta.

“Presiden Widodo menjadi dikenal karena kerap melakukan inspeksi mendadak untuk melihat dan mendengar langsung dari masyarakat di suatu daerah. Ini memungkinkan Jokowi untuk mendengar langsung keprihatinan dan keluhan masyarakat, sehingga menjadikannya sebagai sosok yang memiliki kedekatan dengan masyarakat,” demikian penjelasan Royal Islamic Strategic Studies Centre Jordan.

Pemilihan tokoh muslim paling berpengaruh di dunia didasarkan atas berbagai faktor, tidak hanya popularitas. Meski demikian popularitas di masyarakat menjadi poin tertinggi, oleh karena tak heran jika banyak kepala negara yang bertengger di top 50.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...