Darah PMI Terpapar Penyakit Menular, Ada Virus HIV/Aids

1 Komentar

FAJAR.CO.ID, BLITAR – Puluhan kantong darah di PMI Kabupaten Blitar, terindikasi terpapar empat jenis penyakit menular. Keseluruhan kantong darah tersebut akan dipisahkan dan dimusnahkan.

Total 81 kantong darah diketahui berbahaya, setelah dilakukan pengujian dan screnning darah yang terkumpul selama satu bulan.

Dari 5 ribu kantong darah yang terkumpul, sebanyak 38 terpapar penyakit hepatitis B, 21 lainnya terdeteksi penyakit sifilis. Bahkan 15 kantong darah diketahui positif HIV, serta 7 di antaranya mengandung penyakit hepatitis C.

Presiden Iran Hassan Rouhani Kirim Nota ke Trump, Isinya Tegas

Shankly Dixie

Laga PSIS vs Persebaya Tanpa Penonton, Ini Imbauan Walikota Semarang buat Suporter

Pemindahan Ibu Kota, Bappenas Pastikan tidak Bebani APBN

Ivan Gunawan Dilarikan ke Rumah Sakit, Begini Komentar Nikita Mirzani ke Desainer Kenamaan Ini

Kepala PMI Kabupaten Blitar, dr Cristine Indrawati mengatakan, pihaknya telah melakukan pendataan dan pencoretan terhadap pendonor darah yang terdeteksi memiliki penyakit berbahaya itu.

“Kami sedang berkoordinasi dengan pihak terkait, untuk memusnahkan puluhan kantong darah ini,” kata dr Cristine Indrawati.

Pada tahun 2018 lalu, di PMI Kabupaten Blitar terdapat 110 kantong darah yang terpapar oleh empat jenis penyakit menular.

Pada tahun ini, terdapat peningkatan jumlah kantong darah yang terkena penyakit HIV. Setelah ada pemusnahan, pihak PMI Kabupaten Blitar berharap agar masyarakat tidak khawatir untuk menggunakan darah untuk transfusi. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...