Putra Mandar Perkenalkan Lipa Saqbe di Expo Santripreneur 2019

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Putra Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar), Hidayat Rahman, memamerkan sarung sutra Mandar dalam Expo Santripreneur 2019. Berlangsung selama tiga hari di Alun-alun Kanigoro, Blitar Jawa Timur, Jumat-Sabtu (19-21/09/2019).

Bertajuk “Kreatif Muda, Inspirasi masa kini” adalah program pelatihan kewirausahaan untuk para pemuda atau entrepreneur yang mulai mengembangkan dan memperkenalkan produknya. Diikuti oleh para peserta dari berbagai provinsi yang ada di Nusantara.

Kegiatan ini digelar BIUUS Indonesia yang bekerjasama dengan Kementrian pemuda dan Olaraga Republik Indonesia (KEMENPORA). Melibatkan peserta dari 34 Provinsi. Ada tiga perwakilan dari Sulawesi, yakni Sulbar, Sulsel, dan Sultra yang berhasil lolos.

Hidayat Rahman yang akrab disapa Darto ini mengaku bangga bisa terpilih mengikuti expo ini. “Ada sekitar 400 peserta yang mendaftar, terus ada 50 yang lolos, alhamdulillah saya sangat bersyukur bisa jadi perwakilan dari Sulbar,” ungkapnya.

Menurutnya, peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat terjadi seiring meningkatnya kegiatan kewirausahaan. Untuk itu, para pemuda didorong untuk berperan aktif dalam membangun perekonomian bangsa Indonesia melalui pengembangan wirausaha.

Terpilih mewakili Sulbar dengan memperkenalkan lebih jauh lagi Sarung Sutra Mandar (Lipa Saqbe)
dikalangan para entrepreneur muda se-Indonesia. Usaha ini adalah wujud apresiasi terhadap hasil kerajinan dan kreativitas para penenun mandar.

“Melalui kegiatan ini saya bisa saling mengenal perwakilan dari provinsi lain. Dan terpenting adalah rasa kebanggaan bisa membawa dan memperkenalkan Mandar melalui tenun tradisional Mandar,” sebut alumnus Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) UNM ini.

Darto bercerita, untuk daftar Expo Santripreneur 2019. Para peserta harus memiliki produk atau usaha yang dirintis sendiri. Setelah itu, para peserta mendaftarkan masing-masing produknya dan diseleksi dengan cara mengirimkan profil usaha mereka. (aas)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...