Baby Spa, Seperti Ini Saran Spesialis Anak dan Manfaatnya

FAJAR.CO.ID-- Bukan hal yang baru melihat bayi dipijat atau diurut. Dulu, bayi biasanya dipijat dengan cara tradisional oleh para tukang urut agar membuat bayi lebih nyaman. Kini, seiring kemajuan zaman dan era media sosial, teknik memijat bayi dikemas dengan metode baby spa dan baby massage.

Lalu sebenarnya seberapa penting sih bayi harus dipijat?

Dokter Spesialis Anak Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) menjelaskan Baby Spa adalah istilah yang biasanya digunakan untuk memijat bayi, dengan tujuan membuat sang buah hati merasa nyaman. Meskipun rangkaian baby spa sendiri bukan hanya pijat.

Idealnya, kata dia, pijat bisa dilakukan oleh orang tua sendiri yang telah diajari caranya oleh instruktur. “Supaya terbentuk bonding atau ikatan antara orang tua dan bayi, bukan antara bayi dan terapis pijat. Jadi lebih baik dipijat oleh orang tua,” tutur dr. Ariani kepada JawaPos.com (grup fajar.co.id) baru-baru ini.

Sehingga, sebenarnya bayi tidak wajib diurut atau ikut spa, sama seperti orang dewasa juga tidak wajib pijat. Hanya saja baby spa bisa memberi manfaat yang bagus untuk bayi.

“Tapi yang kita cari adalah manfaat yang diperoleh, bayi tidur dengan lebih nyaman, tampak lebih happy,” jelasnya.

Saat berkunjung ke salah satu Baby Spa dan Massage Cabang Tebet, Jakarta, baru-baru ini, Owner dan Terapis baby spa tersebut, Ardi Usman menjelaskan, Baby Spa adalah pengembangan dari pijat bayi tradisional. Dia mengembangkan ilmu itu dengan latar belakangnya sebagai fisioterapis.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...