Kisah Rumah Tua di Antara Apartemen Mewah, Duit Selangit Tak Goyahkan Pemilik

FAJAR.CO.ID -- Sebuah bangunan tua terlihat di antara gedung-gedung mewah Apartemen Thamrin Executive Residence, Kebon Melati, Jakarta Pusat. Bangunan tersebut tampak mencolok. Kondisinya terlihat usang. Atapnya tak sekokoh rumah masa kini. Anehnya bangunan itu menjadi satu-satunya yang berada di lokasi elite tersebut.

Tentu bagi yang melihatnya akan bertanya, bagaimana bisa ada rumah reyot itu berada di antara gedung-gedung apartemen. Bahkan sekilas orang yang melintas tidak akan sadar ada bangunan tersebut. Maklum saja, bangunan itu tertutup dinding yang diselimuti rerumputan. Jika dilihat dari atas gedung hanya terlihat jejeran genteng yang telah usang.

Rumah tersebut diketahui milik Lies. Hanya tempat tinggal dia satu-satunya yang bertahan di antara gedung-gedung tinggi yang dibangun sejak 2012 itu. Lies bertahan dengan alasan sederhana. Baginya uang tak bisa membeli rumah peninggalan nenek moyangnya itu.

“Saya sudah banyak rumah, saya juga sudah banyak kos-kosan. Saya tidak mau dibayar berapa pun, saya akan tetap tinggal di sini,” ujar Lies.

Bertahan di tengah gedung pencakar langit tentu bukan perkara mudah bagi Lies dan rumah reyotnya. Untuk air bersih saja harus berebut dengan apartemen. Jatahnya kadang tersedot untuk apartemen. Tidak seperti ketika bangunan megah itu belum berdiri.

“Saya sudah bilang, biarin saja PDAM masuk ke rumah saya. Saya yang bayar pipanya, tukangnya. Berapa meter sini saya yang bayarin. Maksudnya biar bagi ke saya juga airnya,” tambah Lies.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...