Sperma, Adakah Cara Memperbanyak dan Perlukah Dilakukan?

0 Komentar

FAJAR.CO.ID– Banyak pria beranggapan bahwa jumlah sperma menjadi elemen penting terkait kesuburan. Tak jarang, para pria lantas mencari-cari cara untuk bisa memperbanyak jumlah sperma. Lalu adakah cara untuk memperbanyak? Dan perlukah hal ini dilakukan?

Penentu kesuburan pria

Seperti disampaikan dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, pada dasarnya, kesuburan pria ditentukan oleh kemampuan ereksi dan penetrasi yang baik serta kuantitas dan kualitas.

“Nah, kuantitas atau jumlah sperma tidak dapat diukur dari jumlah semen yang dikeluarkan, tapi tergantung pada berapa kandungan sel sperma yang terdapat dalam semen,” dia mengatakan.

Seorang pria dikatakan subur jika dalam sekali ejakulasi, mengandung semen dengan jumlah minimal sperma 15 juta per milimeter. Jika kurang dari angka tersebut, pembuahan akan sulit terjadi karena kandidat yang dapat membuahi ovum (sel telur) terlalu sedikit.

Akan tetapi, selain sisi kuantitas, meningkatkan kualitas jauh lebih penting. Namun, adakah cara memperbanyak jumlah sperma?

Nurul Ghufron Terancam Tak Dilantik, Hasil Revisi KPK

Guru Honorer SMK Adegan Syur, Keduanya Sudah Berkeluarga

Jelang Konser Silaturahmi Maher Zain di Claro Hotel Makassar

Para Caleg Gagal Ini Coba Keberuntungan di Pilkada Bulukumba

Taichan Mengalir

Perbanyak jumlah sperma, bisakah?

Dijelaskan dr. Muhammad Iqbal Ramadhan dari KlikDokter, hingga saat ini belum ada cara terbaik untuk memperbanyaknya.

“Karena sperma banyak belum tentu subur atau berkualitas. Yang paling penting itu adalah isi spermanya. Itu dianggap subur jika struktur anatomisnya lengkap, punya kepala, kaki, selaput pelindung, dan inti sel. Nah, orang yang tidak subur itu sel spermanya tidak bergerak normal, harusnya bergerak lurus tapi malah berputar atau diam di tempat,” ucap dr. Iqbal.

“Lalu dianggap tidak memiliki kualitas baik ketika struktur anatomisnya tidak bagus. Apakah kepalanya bengkok, tidak punya kaki, dan tidak ada sel pelindungnya,” dr. Iqbal menjelaskan.

Oleh karena itu, dr. Iqbal menegaskan, yang paling penting adalah meningkatkan kualitas sperma itu sendiri.

Sejauh ini, cara memperbanyak masih belum diketahui secara jelas. Namun begitu, ketimbang Anda pusing mencari cara menambah jumlahnya, jauh lebih baik Anda meningkatkan kualitasnya. Lakukan serangkaian pola hidup sehat dan aktif agar kesehatan Anda keseluruhan dapat terjaga (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment