World Cleanup Day, Ratusan Relawan Lakukan Aksi Pungut Sampah Plastik

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAROS– Ratusan relawan dari berbagai komunitas di Maros memperingati World Cleanup Day 2019 dengan melakukan aksi memungut sampah plastik.

Aksi ini digelar mulai dari Taman Kota Maros hingga ke saluran irigasi yang dipenuhi sampah plastik di dua Kelurahan di Kecamatan Maros Baru.

Meski di tengah panas terik matahari, ratusan relawan yang kebanyakan berasal dari pelajar dan mahasiswa itu tetap semangat memungut sampah yang sudah mengendap di saluran irigasi yang mengering. Bahkan aroma tak sedap pun mereka tidak peduli.

Namun sayangnya kegiatan yang digelar mulai pukul 08.00 Wita hingga 12.00 wita itu tidak dihadiri oleh pemerintah setempat. Padahal, Bupati Maros telah mengeluarkan surat edaran terkait kegiatan itu ke seluruh kecamatan.

Koordinator relawan, Muhammad Afdal mengatakan hari ini ada sekitar 40 komunitas yang ikut dalam kegiatan ini.

Dimana ini merupakan kali pertama kali di gelar di Maros.

“Tadi kita mulai di hutan dan taman kota kemudian selanjutnya kita fokuskan ke irigasi di Maros Baru karena memang di lokasi ini banyak sekali sampah plastik,” katanya.

Selain membersihkan sampah plastik, para relawan juga melakukan kampanye ke warga untuk tidak membuang sampah di saluran irigasi dan tempat lainnya yang dapat merusak lingkungan.

Mereka juga membawa satu tangki air bersih yang bisa ditukarkan dengan sampah plastik.

“Ini juga merupakan kegiatan kampanye kita untuk meminimalisir sampah plastik di masyarakat. Jadi kita mau mengajak mereka untuk bersama-sama menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat, apa lagi di saluran irigasi,” jelasnya.

Salah seorang peserta, Rahma mengaku mengapresiasi kegiatan ini.

“Kami sangat bangga bisa ikut berpartisipasi. Yah kalau panas dan bau sih sudah biasalah, ini kan momentum juga buat kita generasi milenial itu bisa menjadi garda terdepan menjaga lingkungan di Maros ini,” jelasnya.(Rin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...