Konsumsi Bawang Putih Turunkan Kolesterol, Ini Penjelasannya

FAJAR.CO.ID-- Bagi banyak orang dewasa, kolesterol merupakan sesuatu yang kerap dijauhi. Hal ini bukan tanpa alasan. Kolesterol tinggi memang merupakan salah satu faktor risiko utama dari berbagai penyakit seperti penyakit jantung, stroke, penyakit pembuluh darah, serangan jantung, dan sebagainya. Untuk menurunkan kadar kolesterol tersebut, rupa-rupa cara pun dilakukan, termasuk konsumsi bawang putih.

Bawang putih adalah bahan makanan yang dengan mudah ditemukan sehari-hari. Selain berfungsi sebagai bumbu aromatik dalam masakan, bawang putih diyakini memiliki berbagai khasiat. Menurunkan kolesterol tinggi adalah salah satunya.

Untuk mendapatkan khasiat ini, banyak orang mengonsumsi bawang putih dengan memakan langsung, dalam bentuk bubuk yang dihaluskan, atau dicampur dengan air perasan lemon. Namun, apakah praktik konsumsi bawang putih ini telah terbukti secara ilmiah dapat menurunkan kolesterol?

Bawang putih dan kolesterol

Sebuah penelitian di Iran yang dimuat dalam International Journal of Preventive Medicinemenunjukkan hasil positif tentang efek bawang putih terhadap kolesterol.

Penelitian tersebut memperlihatkan bahwa konsumsi bawang putih dan perasan lemon dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat), fibrinogen, dan tekanan darah pada penderita dislipidemia (kolesterol tinggi).

Bawang putih mengandung senyawa phytochemical yang dapat berfungsi sebagai anti inflamasi (peradangan). Senyawa ini dapat mencegah terjadinya reaksi oksidatif di pembuluh darah dan menghambat peningkatan kadar LDL.

Selain itu, bawang putih juga mengandung allicin, yaitu senyawa yang dapat menghambat pembentukan kolesterol. Berbagai efek inilah yang menjadi alasan bawang putih digunakan sebagai penurun kolesterol.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...