Omega-3, Seperti Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Anda

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sudah pasti bahwa tubuh kita membutuhkan asam lemak omega-3, zat yang ditemukan terutama pada varietas ikan tertentu (satu jenis zat yang juga terdapat dalam kacang-kacangan dan biji-bijian).

Di antara manfaat lain, senyawa ini telah terbukti menurunkan trigliserida dalam darah, mengurangi peradangan dalam tubuh, membantu perkembangan visual dan neurologis pada bayi, dan mungkin memerangi depresi, ADHD, dan penyakit Alzheimer.

Sekitar 10 persen orang Amerika saat ini mengonsumsi suplemen omega-3, dan mempertimbangkan banyak kualitas kesehatan mereka, apakah kita wajib mengonsumsi suplemen omega-3?

Belum tentu. Menurut dua penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard Medical School pada total sekitar 34.000 orang dewasa, orang-orang yang berada dalam kesehatan yang baik atau tidak berada dalam risiko rata-rata terserang penyakit jantung mungkin tidak memerlukan suplemen jika mereka sering makan ikan.

Itu berarti setidaknya dua porsi seminggu ikan berlemak atau berminyak seperti salmon, sarden, mackerel, tuna, herring, atau ikan teri.

“Ini perubahan gaya hidup yang baik untuk dibuat dan telah menjadi rekomendasi untuk sementara waktu,” kata penulis utama dari salah satu studi, Dr. JoAnn E. Manson, profesor kedokteran di Harvard Medical School, seperti dilansir laman MSN, Kamis (19/9).

“Tidak ada dalam studi ini yang menggantikan rekomendasi untuk asupan ikan sedang,” jelas Manson.

Pada saat yang sama, konsumsi daging merah, makanan olahan, dan biji-bijian olahan harus dikurangi.

Selain itu, berhati-hatilah terhadap hal-hal yang kaya omega-3 tetapi berpotensi menggemukkan seperti alpukat dan selai kacang yang diperkaya.

Manson juga mengatakan bahwa temuan penelitian agak rumit.

La Tinro La Tunrung Diisukan Maju di Pilgub Kaltara

Jembatan Gantung Rp1 Miliar Bahayakan Pejalan Kaki, Rusak

Aceh Merdeka Muncul Lagi, Bikin Video Maklumat 18 Muharram

Ayu Ting Ting: Mudah-mudahan Nggak Akan Terjadi Lagi

Kulit Wajah Cerah, Lakukan 5 Tips Berikut Ini

Untuk alasan yang tidak jelas bagi para peneliti, peserta Afrika-Amerika yang mengonsumsi suplemen omega-3 dalam satu studi melihat penurunan 77 persen dalam serangan jantung, dibandingkan penurunan 40 persen pada kelompok secara keseluruhan.

Masih belum jelas mengapa mereka mendapat manfaat lebih dari suplemen.

Intinya adalah bahwa suplemen omega-3 mungkin merupakan suplemen yang baik untuk orang Afrika-Amerika, serta bagi mereka yang memiliki faktor risiko kardiovaskular tinggi dan mereka yang tidak bisa makan ikan.

Manson merekomendasikan suplemen 1 gram setiap hari, kecuali dokter Anda menyarankan sebaliknya.

Untuk orang lain, cukup buka sekaleng sarden atau minta ikan teri di pizza Anda.

Apa pun yang Anda makan, pastikan Anda membaca labelnya. Beberapa bahan tidak sehat tersembunyi di depan mata Anda. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar