Edit Berita di FAJAR, Gubernur NA Hanya Butuh Empat Menit

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah terlihat serius. Fokus menatap layar komputer. Jemarinya memainkan tombol papan ketik alias keyboard.

Kedatangan orang nomor satu di Sulsel itu memang terkait program “Eksekutif Menulis”, Senin, 23 September. Kegiatan ini diinisiasi FAJAR sebagai rangkaian HUT ke-38 yang jatuh setiap 1 Oktober.

Di meja komputer, satu demi satu kata diketik oleh Nurdin. Narasi yang dibuatnya sendiri berupa naskah berita. Inilah pengalaman pertama Nurdin menjadi penulis langsung di komputer redaktur.

Sensasinya tampak menyenangkan.

Naskah awal telah disiapkan, Nurdin mereformulasinya. Tulisan tentang target Sulsel untuk menjadi yang terdepan di bidang pertanian.

Redaktur FAJAR Ridwan Marzuki hanya memberi sekali pengarahan di awal. Selebihnya, Nurdin mencari judul dengan versinya sendiri. Nurdin langsung masuk ke paragraf pertama. Beberapa kalimat dia buat. Menurutnya itu penting agar pesannya kepada masyarakat Sulsel sampai.

Beberapa kali ada kalimat yang dihapus dan diganti dengan kalimat baru. Beberapa kali Nurdin juga dihibur oleh Pemred Harian FAJAR, Arsyad Hakim, di sela-sela mengedit naskah.

“Biasanya reporter dimarah-marahi sama redakturnya,” ujar Arsyad, lalu semuanya tertawa.

Tak butuh waktu lama, hanya empat menit saja. Ayah tiga anak ini menyelesaikan naskahnya. Dia terlihat tersenyum. Senang mampu menyelesaikan satu tulisan dalam waktu yang singkat.

Sebelum menulis, dia berdiskusi dengan jajaran manajemen Harian FAJAR di ruang redaksi. Ada Dirut FAJAR Agus Salim Alwi Hamu, Direktur FAJAR Faisal Syam, serta jajaran pimpinan dan manajemen.

Sebagian penjelasan lisan Nurdin saat berdiskusi, juga kami tambahkan ke dalam naskah tulisannya. (ful/abg-zuk)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...