Kementan Dukung Kawasan Agroekowisata Bedah Manoreh dengan Kateki

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Memasuki masa kepemimpinan periode ke-2, Presiden Jokowi beserta Menteri Kabinetnya gencar meneruskan pembangunan infrastruktur. Dalam waktu dekat, Pemerintah akan membangun akses jalan raya menghubungkan Bandara Internasional Yogyakarta dengan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur.

Program nasional bertajuk Bedah Menoreh tersebut akan melintasi jajaran pegunungan Menoreh yang membentang dari utara ke selatan sebagian wilayah Kulonprogo, Purworejo dan Magelang. Pemerintah menyiapkan berbagai skenario untuk menjadikan jalur tersebut menjadi kawasan agroekowisata terpadu. Kementerian Pertanian ambil bagian melalui program pengembangan kawasan buah dan tanaman hias.

Direktur Jenderal Hortikuktura Kementerian Pertanian, Prihasto Setyanto, saat dihubungi di Jakarta, Minggu (22/9), menyebut pihaknya akan mendukung pengembangan agroekowisata tersebut.

"Tahun 2020 kita akan kembangkan kebun Lengkeng Kateki, Manggis Kaligesing, Bunga Krisan dan tanaman obat di kawasan Pegunungan Menoreh meliputi sebagian wilayah Kabupaten Kulonprogo, Purworejo dan Magelang. Konsepnya dibuat terpadu dengan pengembangan agroekowisata agar lebih sustainable atau berkelanjutan," ujar pria yang akrab dipanggil Anton ini.

Selain bernilai ekonomis tinggi, kata Anton, pengembangan buah-buahan di kawasan tersebut sekaligus mendukung konservasi lingkungan. Model pengembangan kawasan buah tersebut sesuai dengan Grand Design Pengembangan Kawasan Hortikultura Berbasis Korporasi 2020-2024 yang terus digodog jajarannya.

"Daya saing lengkeng baik di pasar lokal dan internasional terletak pada cita rasa yang manis legit dan dagingnya yang tebal. Oleh karena itu perlu terus dikembangkan jenis kelengkeng yang adaptif di daerah tropis dengan cita rasa seperti di atas," tambah Anton.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono


Comment

Loading...