Ratusan Bule Aksi Turun Jalan di Bali, Suarakan Isu Ini

1 Komentar

FAJAR.CO,ID, BALI– Aksi ratusan bule atau warga negara asing turun ke jalan sembari mengusung pamphlet The Climate Change, Waspadai Perubahan Iklim Global dan Sampah Plastik di sepanjang Jalan Batu Mejan, Banjar Canggu, Kuta Utara, Badung, Minggu (22/9) lalu berbuntut panjang.

Aparat kepolisian memastikan aksi turun ke jalan yang dilakukan para warga asing itu, tidak berizin dan melanggar aturan turun ke jalan.

Kepastian itu dilontarkan langsung Kapolres Badung AKBP Yudith Santria Hananta. AKBP Yudith mengatakan, mengatakan, aksi yang dilakukan oleh ratusan bule itu tidak ada pemberitahuan kepada pihak kepolisian.

Karena itu, pihaknya langsung mencari korlap ratusan bulu dari aksi tersebut. “Kami tidak menerima pemberitahuan terkait kegiatan itu. Kami akan panggil Korlapnya untuk diinterogasi,” kata AKBP Yudith.

Sementara itu, Wayan Mertha, 40, warga Banjar Canggu menyatakan, sekitar pukul 09.00, dia melihat cukup banyak warga asing baik kecil, tua, muda berjumlah mencapai 100 orang dan berorasi dengan membawa kertas bertuliskan The Climate Change.

Secara bersamaan mereka datang dari Pantai Echho Beach, Banjar Canggu, Desa Canggu, Kuta Utara kemudian berkumpul dan berjalan dari Pantai Echo Beach menyusuri Jalan Pantai Batu Mejan, ke arah utara dengan tertib.

“Saya bingung juga, tapi dalam hati mereka sedang mengadakan demo dan akan berorasi disepanjang jalan terkait sampah plastik,” bebernya.

Ketua DPRD Se-Tanah Papua Tuntut 8 Hal ke Jokowi, Ini Isinya

Polisi Tembakkan Gas Air Mata, Massa Berhamburan

Front Pembela Islam Dukung Demo Mahasiswa di Senayan

Gubernur dan Wagub Kompak Hadiri Pelantikan 83 Anggota DPRD Sulsel

Mahasiswa Kepung Senayan, Bobol Kawat Berduri, Pagar Roboh

Pecalang Desa Adat Canggu I Made Murdana, 50, mengatakan, aksi itu dilakukan ratusan bule atau warga negara asing yang tengah berlibur di Bali.

“Mereka mengkampanyekan gerakan cinta bumi serta kampanye pengurangan penggunaan serta pengendalian sampah plastik,” tuturnya.

Gerakan Global climate Strike adalah gerakan yang diinisiasi oleh Greta Thunberg, gadis muda asal Swedia yang mana dirinya menuntut perubahan iklim terasa hingga ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Anak-anak muda asal Indonesia akan mengikuti gerakan ini dengan turun ke jalan dengan membawa spanduk yang dalam kegiatan tersebut bertema Jeda untuk Iklim mendukung gerakan Global Climate Strike. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...