Bogor Tuan Rumah Pertemuan Kepala Daerah Se-Asia Pasifik

0 Komentar

Pengendalian Tembakau dan Pencegahan Penyakit Tidak Menular

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Forum 4th APCAT Summit (4th Summit of Asia Pacific Cities Alliance for Tobacco Control and Noncommunicable Diseases Prevention) akan dibuka di Bogor, Indonesia, pada peringatan Hari Paru-Paru Dunia (25 September 2019).

Pertemuan regional dua hari ini diselenggarakan bersama oleh APCAT, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kota Bogor, The Union (International Union Against Tuberculosis and Lung Disease) dan Kemitraan untuk Kota Sehat.

Dr Bima Arya Sugiarto, Wakil Ketua APCAT dan Walikota Kota Bogor, Indonesia, mengatakan “4th APCAT Summit akan dihadiri lebih dari 100 pemimpin daerah dari 40 kota di 12 negara di Asia Pasifik. Anggota Parlemen (Members of Parliament), Gubernur, Walikota dan pemerintah daerah lainnya serta pakar kesehatan masyarakat dari 12 negara menghadiri 4th APCAT Summit ini di Bogor.

Pertemuan APCAT dilaksanakan secara berkala untuk mempelajari dan berbagi pengalaman tentang kebijakan dan strategi pengendalian tembakau yang komprehensif serta untuk penggunaan sumber daya yang efektif; menciptakan solusi untuk mencegah penyakit tidak menular (PTM); membangun hubungan dan jaringan serta berbagi prestasi hingga saat ini. ”

Dr Anung Sugihantono, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengatakan, Kementerian Kesehatan bangga menjadi salah satu penyelenggara acara bergengsi ini. Penggunaan atau konsumsi tembakau masih merupakan kebiasaan umum di Indonesia. Kami dengan tulus percaya bahwa semakin kita bersama, semakin mungkin membangun kepercayaan dan dukungan untuk agenda pengendalian tembakau yang berani dan ambisius.

“Komitmen dan kontribusi kami untuk pencapaian dan percepatan pengendalian tembakau akan tercermin dalam menyelamatkan jutaan nyawa,” kata Anung seperi rilis diterima fajar.co.id, Rabu (25/09/2019).

Francis Anthony S Garcia, Wakil Ketua APCAT dan Walikota Kota Balanga, Filipina, mengatakan, “4th APCAT Summit yang diadakan di Bogor adalah sebagai pengakuan atas para pemimpin setempat yang berdedikasi untuk kesehatan warganya dan pelopor dalam pengendalian tembakau di Indonesia.

Berikut Enam (6) Senior Officials dari 54 kota yang berpartisipasi dalam Kemitraan APCAT tahun ini: Bandung, Indonesia; Bengaluru, India; Jakarta, Indonesia; Kuala Lumpur, Malaysia; Kathmandu, Nepal; dan Yangon, Myanmar. (**)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...