Geliat Pembinaan di Lapas Maros Lewat Pramuka dan Literasi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAROS– Sekitar dua puluhan pejabat Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Maros, dilantik dan dikukuhkan masing-masing sebagai Majelis Pembimbing dan Majelis Pembina Gugus Depan (Mabi dan Pembina Gudep) 07=057 dan 07-058 Kwartir Cabang (Kwarcab) Maros oleh HAM Wasir Alie, selaku Ketua Kwarcab Maros, Rabu (25/9/2019) di Aula Lapas Maros.

Pelantikan dan pengukuhan turut dihadiri Supratman dari Kwartir Daerah (Kwarda) Sulawesi Selatan, Abdul Haris (Sekdispori Kabupaten Maros), M. Rastach Ramli Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Kapusdiklat) Kwarcab Maros, H. Abdul Muis (Kabid Pembinaan SD & Menengah) Kabupaten Maros beserta sejumlah andalan daerah dari Kwarcab Maros.

Adapun yang dilantik masing-masing Kepala Lapas Maros Indra Setiabudi Mokoagow selaku Ketua Mabigus bersama Simung masing-masing sebagai Wakil Ketua, Sekretaris Harnanensih, Ketua Harian KB Andi Baso, beranggotakan Hardiman, Abdullah, Amran, Saharuddin, Abd Wahid, Riskan Hamzah, Natsir Hakim, Andi Fahriadi dan H. Idrus.

Dalam sambutannya, HAM Wasir Alie mengemukakan bahwa sebagai insan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka Tri Satya senantiasa menjadi komitmen dalam menyelenggarkan aktivitas sehari-hari. “Tri Satya adalah tiga janji yang menjadi Kode Kehormatan Pramuka, inilah pegangan kita dalam menyelenggarakan kepramjukaan,” tuturnya.

Wasir Alie juga mengemukakan bahwa hal membanggakan karena tidak banyak Lapas yang menjadikan Pramuka sebagai bagian dari pembinaan. “Kami bangga karena Lapas Maros mewujudkannya dan tidak banyak Lapas di Indonesia yang menyelenggarakannya,” pungkas mantan Kadis Pertambangan dan Energi serta Asisten Pemerintahan Kabupaten Maros ini.

Petani Banyuwangi Gunakan Bahan Pengendali Alami Atasi Hama

Menlu Retno Marsudi Serukan Langkah Darurat di Rakhine

Adi Prayitno: Kalaupun Ini Dimobilisasi, Ya Enggak Ada Masalah

Demo Bakal Besar-besaran di Surabaya, Diikuti Pelajar

Anggota Polri Korban Demo Mahasiswa Capai 65 Orang

Sementara itu, Indra Setiabudi Mokoagow selaku Ketua Mabigus Lapas Maros kepada awak media mengemukakan, Gerakan Pramuka dan Literasi merupakan dua hal yang berjalan seiring dalam membumikan Revitalisasi Sistem Pemasyarakatan. “Komitmen kami bahwa program pembinaan harus terus berjalan berkesinambungan,” tutur Indra Alumni Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) XXIII ini.

Lebih jauh Indra menyampaikan bahwa di Lapas Maros juga mengasuh lebih dari tiga puluhan Anak Didik Pemasyarakan (Andikpas), sehingga pembinaan mesti didekati dengan membangun kegembiraan dan keceriaan dan itu ada di dalam Pramuka.

“Makanya aktivitas Literasi yang sudah eksis kami sandingkan dengan Kepramukaan” ungkap mantan Kepala Lapas Khusus Anak (LPKA) Kupang ini. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah

Comment

Loading...