KPK Akan Periksa Anggota Fraksi PKB Faisol Riza, Kasus KONI

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap anggota DPR RI Fraksi PKB Faisol Riza dalam kasus suap dana hibah dari Kemenpora untuk KONI. Faisol akan diperiksa untuk tersangka asisten pribadi Menpora, Miftahul Ulum.

“Yang bersangkutan (Anggota Fraksi PKB Faisol Riza) diperiksa sebagai saksi untuk tersangka asisten pribadi Imam Nahrawi MIU (Miftahul Ulum),” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (26/9).

Sebelum dilantik menjadi anggota dewan pada 20 Maret 2018, sebagai pengganti Abdul Malik Haramain yang mengikuti Pilkada Probolinggo 2018, Faisol merupakan Stafsus Menpora Imam Nahrawi.

Selain Anggota Fraksi PKB Faisol Riza, penyidik juga akan memeriksa Stafsus Menpora Zainul Munasichin dan PNS Kemenpora M. Angga. Keduanya juga diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Miftahul Ulum.

Dalam kasus ini KPK menetapkan mantan Menpora Imam Nahrawi dan asisten pribadinya Miftahul Ulum sebagai tersangka suap dana hibah KONI. Selain suap, keduanya juga dijerat gratifikasi. Imam Nahrawi melalui Ulum diduga telah menerima uang total Rp 26,5 miliar.

Uang tersebut merupakan commitment fee atas pengurusan proposal hibah yang diajukan oleh pihak KONI kepada Kemenpora, kemudian jabatan Imam sebagai Ketua Dewan Pengarah Satlak Prima dan penerimaan lain yang berhubungan dengan jabatan Imam selaku Menpora.

H Dollah Mando Lantik Pengurus Karang Taruna

Gubernur Sulsel Hadiri Ujian Promosi Doktor Akbar Faisal

Stabilitas Politik, Ini Pernyataan Mendagri Tjahjo Kumolo

Golkar Maros Ingin Amirullah Nur Sama-sama di Pilkada 2020

Kapolda Sulsel Irjen Guntur Laupe Janji Tindak Anggotanya

KPK menduga uang tersebut diduga digunakan untuk kepentingan pribadi Menpora dan pihak Iain yang terkait.

Sebelumnya, KPK sudah lebih dahulu menetapkan lima orang sebagai tersangka dalam kasus ini. Kelima orang tersebut terjarinh operasi tangkap tangan tim penindakan pada 18 Desember 2018.

Mereka adalah Deputi IV Kemenpora Mulyana (MUL), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Kemenpora Adhi Purnomo (AP), Staf Kemenpora Eko Triyanto (ET), Sekjen KONI Ending Fuad Hamidy (EFH), dan Bendahara Umum KONI Jhony E. Awuy (JEA).

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...