UPT Pendidikan Karakter dan Dakwah UMI Pelatihan Karakter bagi Karyawan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Unit Pelaksana Teknis Pendidikan Karakter dan Dakwah UMI menggelar Pelatihan Karakter bagi Karyawan Universitas Muslim Indonesia. Pelatihan dilaksanakan di Aula Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar MA, Kamis (26/9/2019).

Rektor Universitas Muslim Indonesia, Prof Dr Basri Modding SE MSi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan ini ditujukan agar menjadi sarana mencapai visi UMI dan memberikan pemahaman kepada karyawan mengenai karakter yang ingin dibentuk di UMI.

“Pelatihan ini sebagai sarana mencapai visi UMI untuk menghasilkan manusia berilmu amaliah, beramal ilmiah dan berakhlaqul karimah serta berdaya saing tinggi. Sehingga karyawan perlu diberikan pemahaman mengenai karakter yang ingin dibentuk di UMI,” ungkapnya.

Ada tiga hal yang perlu dimiliki sebagai masyarakat Abad 21. “Diantaranya pendidikan karakter, kompetensi dan literasi. Pendidikan karakter meliputi karakter moral dan karakter kinerja. Kemudian, kompetensi yang harus dimiliki antara lain kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif sedangkan literasi merupakan sarana untuk membuka wawasan,” jelas Guru Besar Fakultas Ekonomi UMI itu.

Ketua UPT PKD UMI, Dr Ishaq Shamad MA menyatakan bahwa Unit Pelaksana Teknis Pendidikan Karakter dan Dakwah berupaya untuk merespon keinginan Rektor menjadikan UMI sebagai pusat pendidikan karakter nasional.

“Bahkan, kami telah sempat dihubungi beberapa pihak, termasuk salah satu perguruan tinggi Islam negeri yang ingin mengikutsertakan ribuan mahasiswa barunya untuk mengikuti Pesantren Mahasiswa di UMI”, ungkap alumni Fakultas Agama Islam UMI ini.

Dr Ishaq Shamad menambahkan bahwa UMI juga menerapkan berbagai bentuk pendidikan karakter. “Beberapa bentuk pendidikan karakter di UMI diantaranya: pesantren kilat, pencerahan qalbu, kultum dan kajian keislaman, pelatihan pendidikan karakter, pelatihan da’i, imam rawatib dan khatib, mata kuliah ciri khusus, penegakan shalat berjamaah, dan zikir awal bulan,” urainya.

Sementara itu, Ketua Pembina YW UMI, Prof. Dr HM Mansyur Ramly dalam pemaparan materinya mengemukakan 6 komitmen Ke-UMI-an dalam menjawab tantangan masa depan. “Komitmen ke-UMI-an yang harus menjadi pedoman bagi karyawan UMI antara lain bekerja ikhlas dan amanah, berfikir kritis dan pandai bersyukur, memperkuat kebersamaan (jamaah), memberikan layanan prima, berorientasi mutu, serta bekerja untuk kemaslahatan umat,” jelasnya.

Selanjutnya, Wakil Rektor IV UMI, KH Zein Irwanto MA, mengemukakan 16 Karakter Pencerahan Qalbu UMI. Di antaranya senantiasa taat kepada Allah serta sabar, syukur dan ikhlas. Cerdas, jujur, bertanggung jawab dan bermanfaat yang tercermin dari pribadi individu.

“Senantiasa saling kasih sayang, menghargai dan tolong menolong kepada sesama manusia. Cinta tanah air, menjaga lingkungan, menghargai keragaman, dan semangat kebangsaan di lingkungan masyarakat,” jelasnya. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...